I.
LANGKAH-LANGKAH
PERTAMA:
PERENCANAAN DAN
PENDANAAN
Mengatur
dan mengadakan sebuah event – baik
itu berupa meeting, acara korporasi,
makan malam penggalangan dana, konferensi, konvensi, insentif atau acara khusus
lainnya – sering disetarakan dengan menyutradarai sebuah film, walaupun lebih
mirip seperti sebuah produksi drama yang ditayangkan secara live. Itu adalah sebuah kegiatan
beresiko tanpa jaring pengaman. Sekali acara dimulai, tidak ada kesempatan
kedua. Dilaksanakan dalam sekali jalan dan tidak ada gladi resik. Dan tidak
dapat berkata “Cut” dan mengambil ulang
adegannya. tidak dapat memperikrakan – seperti halnya dengan sebuah naskah film
– bagaimana tamu-tamu dan supplier akan berinteraksi dan bereaksi. Namun Anda
dapat berencana, bersiap dan kemudian siaga terhadap hal-hal yang tidak
terduga.
Pada
sebuah acara yang direncanakan dengan tidak baik, kru dekorasi event, panggung
dan pencahayaan datang sebelum acara untuk melakukan pengaturan bagi sebuah
event di kolam renang privat yang dilengkapi dengan pencahayaan dan musik
tarian air. Mereka menemukan bahwa kolam renang telah diisi sejak beberapa
bulan lalu tanpa seorang pun memberi tahu perusahana perencanaan event, dan
perusahaan tersebut beserta supplier mereka telah pergi sejak meeting
pre-event, tanpa sama sekali memberi tahu garis besar kebutuhan kolam renang
tersebut dalam kontrak vendor mereka.
Dekorasi besar- besaran yang mahal dan pertunjukan kembang api yang mewah –
didanai oleh perusahaan perencanaan event tadi dalam jumlah besar sebagai
kompensasi kelalaian tersebut – harus dibeli di detik-detik terakhir untuk
membuat sebuah tampilan fantasi yang akan menyenangkan klien mereka.
Sangatlah
penting untuk mengingat bahwa berusaha menciptakan sesuatu yang mungkin akan
diingat oleh seseorang untuk seumur hidupnya. Event apapun, baik itu untuk 50
ataupun 2000 orang, harus direncanakan sedetil dan sebaku produksi film, begitu
pula pendanaannya.
Sebelum
Anda merancang event Anda, pertama-tama Anda harus menentukan mengapa Anda
mengadakan acara atau ikut serta dalam sebuah acara. Ini akan mendefinisikan
tujuan event, dan dari situ dapat ditentukan tujuan primer dan sekunder dari
tiap-tiap event. Tujuan event akan didiskusikan dengan lebih detil di bab ini
nantinya. Memahami mengapa event ini
diadakan akan membantu Anda (dan klien Anda) untuk memetakan tujuan perusahaan
atau klien – baik keuntungan jangka pendek (hari H) maupun jangka panjang –
sehingga Anda dapat memilih gaya yang cocok dengan event tersebut agar mampu
mencapai tujuan tadi.
The Executive’s Guide
to Corporate Events and Business Entertaining (Wiley,
2007) memberikan sebuah tinjauan mendalam bagi gaya event dan garis besarnya
secara mendetil terhadap keuntungan yang akan didapat perusahaan dan tujuan
diadakannya event.
Contoh-contoh
Gaya Event yang Berbeda
Ø Meeting pemegang saham
Ø Meeting bisnis
Ø Acara apresiasi klien
Ø Konferensi
Ø Konvensi
Ø Pertunjukan korporasi
Ø Seminar pelatihan yang meliputi
tantangan fisik dan emosi
Ø Acara apresiasi karyawan
Ø Liburan eksekutif
Ø Malam penggalangan dana
Ø Insentif berupa liburan dan program
premium
Ø Hak pemberian nama
Ø Peluncuran produk
Ø Penempatan produk
Ø Acara khusus
Ø Telekonferens
Ø Trade show
Ø Penayangan melalui internet
Setelah
Anda menentukan tujuan event Anda dan gaya event terbaik untuk mencapainya,
Anda akan dapat menyusun secara strategis sebuah event yang dapat disesuaikan
dengan tujuan tersebut (Anda dapat menemukan prinsip strategis penyusunan yang
telah saya buat dan studi kasus perencanaan strategis dalam The Bussiness of Event Planning [Wiley,
2002]). Keputusan selanjutnya adalah untuk menentukan skala dari event. Dua
kriteria akan menentukan hal ini: dana dan tujuan.
1) MENENTUKAN TUJUAN EVENT ANDA
Dalam rangka menyusun sebuah event
yang dapat memberikan hasil dan keuntungan akan investasi waktu, uang dan
tenaga dari perusahaan yang mengadakannya, event harus dirancang untuk memenuhi
harapan tamu dan juga perusahaan.
Tujuan event dapat berupa tangible maupun intangible dan dapat terjadi selama pre-event (sebagai contoh,
tujuan penjualan tertentu harus dicapai dalam kasus program insentif), selama
event berlangsung, dan post-event, dan menjadi jembatan, dasar bagi positioning untuk mencapai tingkat
tujuan berikutnya dalam event di masa depan. Sebuah tujuan event harus memiliki
value yang sama dengan perusahaan
yang mengadakan event, pihak-pihak yang ikut serta dalam event, dan memberi
keuntungan baik secara profesional maupun personal.
Sebagai
contoh, sebuah perusahaan memiliki tujuan dalam mengadakan sebuah event atau
serangkaian event yang akan memberi
hasil berupa karyawan mereka menjadi lebih produktif, meningkatkan moral,
menurunkan kecelakaan di tempat kerja dan menekan biaya perawatan kesehatan
karyawan.
Untuk
melakukan ini mereka berfokus pada seorang karyawan dan tema lingkungan kerja
yang baik dengan pekerja tingkat atas ikut serta dalam acara yang kemudian
menjadi program tahunan berupa program insentif selama 3 hari menaiki gunung
setinggi 14.000 kaki di Colorado dengan didanai oleh perusahaan. Acara utama
ini salah satu dari banyak event yang didasarkan atas tujuan utama event tadi, berpusat
pada mencapai tujuan kesehatan individual dan telah terbukti sebagai sebuah
sukses yang luar biasa, dengan makin banyaknya karyawan yang dapat mengikuti
acara tersebut tiap tahunnya. Biaya kesehatan yang harus dikeluarkan perusahaan
berhasil diturunkan hingga setengah dari rata-rata negara bagian tersebut –
yang merupakan penghematan sebesar $ 2.000.000 setahun bagi perusahaan – dan
berarti dapat mencapai salah satu tujuan event yang ditentukan dengan investasi
total hanya sebesar $ 400.000 per tahun. Sebagai tambahan, perusahaan tersebut
sedikit demi sedikit telah berhasil menekan biaya kompensasi pekerja mereka dari
$ 500.000 menjadi $ 10.000, dan mereka telah berhasil menghasilkan pekerja yang
lebih sehat sehingga lebih produktif dalam bekerja dan memiliki moral yang
lebih tinggi baik secara personal maupun profesional.
II.
BERAPA
BANYAK YANG DAPAT ANDA KELUARKAN?
Hal pertama yang harus Anda lakukan
adalah menentukan berapa banyak dana yang dapat Anda sisihkan untuk acara.
Bahkan acara terkecil membutuhkan komitmen finansial yang serius. Anda dapat
memutuskan bahwa Anda tidak dapat membiayai sebuah evet pada saat ini atau
mungkin harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang Anda
inginkan.
Dan
selalu menentukan sebelum waktunya berapa banyak yang dapat Anda belanjakan
amatlah penting, karena Anda akan dapat memilih gaya event dan merencanakan
event yang sesuai dengan budget Anda. Lakukan perkiraan kasar atas biaya pokok
dan tambahannya sebelum melakukan hal lainnya, karena sering kali persetujuan
dana dari tingkat atas akan dibutuhkan sebelum sebuah event mendapat lampu
hijau.
Dengan
membuat hitungan dana pendahuluan berdasarkan perkiraan kebutuhan event Anda,
Anda akan mengetahui apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat
dilakukan. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan merencanakan sebuah program
insentif dan keinginan mereka adalah acara 7 hari di sebuah lokasi tertentu,
mereka akan dapat dengan cepat menentukan bahwa biaya penerbangan akan memakan
sebagian besar dana. Jika itu yang terjadi, mereka dapat mengubah keputusan
menjadi acara 3 hari, sehingga tujuan mereka tetap tercapai sekaligus tidak
melebihi dana yang tersedia. Jika kita menentukan bahwa 7 hari memang suatu
keharusan, perubahan harus dilakukan. Mungkin mereka harus memilih lokasi yang
lebih dekat, atau mereka harus mengubah cara untuk mendapat lebih banyak dana,
seperti dengan mencari sponsorship
dari supplier untuk elemen event tertentu.
2)
BAYANGAN
EVENT
Dalam
upaya menciptakan sebuah event yang dirancang untuk mencapai tujuan klien dan
memenuhi segala yang dapat mereka harapkan, amatlah penting untuk memulai
dengan bayangan awal mereka terhadap event. Di sinilah saat di mana Anda akan
dapat menentukan apa yang paling penting bagi mereka. Visualisasi event setelah
tujuan event ditentukan adalah titik awal untuk merancang event apa pun.
Memetakan
bayangan event Anda dapat membantu Anda untuk memulai mengerjakan kebutuhan
dana event. Anda dapat mulai mengkalkulasi balik dari dana yang diberikan untuk
melihat apakah dana tersebut cukup atau fleksibilitas dalam pendanaan maupun
event diperlukan.
Sebagai
contoh, sebuah perusahaan memiliki dana $ 4.500 untuk mengadakan acara makan
siang luar ruang bagi 250 orang tamu. Dana tersebut harus cukup untuk tenda,
meja, kursi, linen, piring, makanan, minuman (anggur, bir, dan lain-lain),
hiburan dan sebuah suvenir untuk dibawa pulang. Bayangan mereka adalah untuk
mengadakan sebuah acara piknik bergaya New Orleans. Kenyataan mengatakan bahwa
dana mereka hanyalah $ 18 per orang untuk semua hal di atas. Padahal pembiayaan
tenda untuk 250 orang tamu saja – termasuk pemasangan dan pembongkaran dan ijin
dan asuransi – ternyata sudah melebihi seluruh dana mereka tersebut.
Saya
merumuskan 5 prinsip perencanaan event yang harus dipertimbangkan saat
membayangkan sebuah event:
1. Elemen
(Semua hal yang membuat event terlaksana)
2. Esensial
(Hal yang harus ada)
3. Lingkungan
(Lokasi dan gaya)
4. Tenaga
(Menciptakan suasana)
5. Emosi
(Perasaan)
Garis
besar perencanaan event untuk pendanaan, berikut ini sekilas hal yang harus
dipertimbangkan:
1. Elemen
– Semua hal yang membuat event terlaksana
Langkah
pertama saat merencankan event apa pun adalah melihat gambaran besarnya.
Visualisasi harus dilakukan sebelum Anda menentukan tanggal pelaksanaan event
dan mulai mencari tempat. Amat penting untuk melangkah mundur dan melihat
secara menyeluruh pada kebutuhan event yang membutuhkan biaya besar dan akan
menjadi bagian dari permohonan tempat yang dibutuhkan. Cara terbaik melakukan
ini adalah membuat garis besar dari semua yang berfokus pada minggu pelaksanaan
event.
Hal
yang harus Anda ingat saat merencanakan event adalah bahwa tiap elemen event
akan mempengaruhi yang berikutnya. Jika satu bagian dilupakan, akan muncul efek
domino dan membahayakan kesuksesan event Anda. Mempersiapkan sebuah garis besar
event di awal waktu, mengadaptasikannya dan mengaturnya seiring Anda berjalan
maju dengan rencana Anda, akan membantu Anda untuk menghindari saat-saat sulit
dan kejutan tak terduga. Dengan mempersiapkan lebih dahulu Anda akan siap untuk
menangani perubahan di detik-detik terakhir dengan mudah. Waktu, peralatan dan
perlengkapan dari semua elemen event yang mengarah pada event aktual Anda, hari
H event dan hari setelah event harus diperhitungkan. Elemen-elemen tersebut
dapat meliputi:
Ø Transportasi
tamu
Ø Akomodasi
tamu
Ø Pengiriman
barang
Ø Pengaturan
tempat, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru,
dan lain-lain, dengan tambahan biaya bagi event sebelumnya, staff, keamanan,
ijin, asuransi, dan lain sebagainya.
Ø Tempat
gladi resik, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi
kru, dan lain-lain.
Ø Elemen
hari H, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru,
dan lain-lain.
Ø Pembongkaran,
meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru, dan
lain-lain, dengan tambahan biaya bagi event sebelumnya, staff, keamanan, ijin,
asuransi, dan lain sebagainya.
2. Esensial
– Hal yang harus ada
Hal
yang harus ada (must-have) dalam
event adalah hal-hal yang pada saat perencanaan awal sifatnya tidak dapat
dinegosiasikan. Mereka ditentukan dengan mempertimbangkan:
Ø Biaya
besar, seperti biaya penerbangan, akomodasi hotel, kebutuhan tempat
(kedatangan, pemasangan, pembongkaran dan keluar lokasi, ditambah juga
penyimpanan untuk supply, tempat gladi resik, tempat kerja panitia di lokasi,
dan lain sebagainya, yang dipisahkan dari fungsional tempat event/meeting utama
sebenarnya), kebutuhan fungsional tempat event/meeting, kebutuhan konsumsi,
kebutuhan aktivitas, dan lain sebagainya, dan semua pajak, biaya jasa,
perijinan, asuransi, biaya komunikasi, staff, dan biaya manajemen (walaupun
biaya hal-hal tersebut dapat dinegosiasikan, hal-hal itu harus tetap dimasukkan
tanpa mempedulikan seperti apa perencanaan dan pelaksanaan event final).
Ø Apakah
hal yang akan memiliki arti penting bagi peserta yang mengikuti event tersebut.
Ø Apa
yang hal yang akan membuat tamu menjadi terkenang akan event tersebut.
Ø Apakah
yang akan membuat pesan di balik event tersampaikan kepada partisipan.
Beberapa
must-have event tidak diperhitungkan berdasarkan nominal uang melainkan melalui
mata uang emosional dan bagaimana mereka menyentuh panca indera Anda. Beberapa
dapat dengan mudah dimasukkan dan dengan biaya kecil, sementara yang lain
membutuhkan pemikiran, perencanaan dan dana yang lebih. Ingatlah untuk
memikirkan setiap keputusan secara matang baik dari segi ekonomis mauput
emosional, dalam pandangan apa yang sebuah event perlukan bukan semata yang sebuah event inginkan. Must-have tersebut akan menjadi inti dari perencanaan
event Anda, dan elemen event Anda secara alami akan mengelilinginya. Lengkapi pula
daftar anda tentang hal yang esensial bagi event, membuat sebuah daftar
perlengkapan event yang sesuai dengan perijinan dana dapat dipertimbangkan
untuk meningkatkan event Anda ke tingkat yang selanjutnya.
III.
Lingkungan
– Lokasi dan Gaya
1) Lokasi
Event
Perencana
yang terburu-buru untuk memilih lokasi sebelum mereka membayangkan event mereka
dari awal sampai akhir, mengidentifikasi klien mereka dan must-have untuk
menentukan apa yang paling penting untuk dimasukkan dalam event, dan menentukan
di mana mereka berdiri secara finansial, beresiko melupakan lokasi lain yang
mungkin merupakan lokasi sempurna untuk event mereka, tempat yang menyediakan
semua kebutuhan mereka dan sesuai dengan dana mereka.
Bayangan
awal event dan di mana Anda pada akhirnya mengadakan event dapat berbeda bagai
langit dan bumi dengan apa yang awalnya Anda bayangkan. Jika Anda merancang
event Anda berkutat pada sebuah lokasi hanya untuk secepatnya menentukan
tanggal sewa, Anda mungkin akhirnya akan terpaksa berkompromi dengan hal yang
paling penting bagi event dan melewatkan sesuatu yang sangat spesial. Anda akan
berakhir merencanakan sebuah event untuk menyesuaikan gedung tersebut, bukan
merencanakan event yang akan memberikan hasil yang klien Anda cari.
Kita
hidup di zaman di mana event hanya dibatasi oleh imajinasi perencana event dan
ukuran dana. Event sekarang diadakan di daratan, di lautan, di bawah laut
(restoran dan spa di Maldive, sebagai contoh), di udara (pada pesawat), duduk
di puncak dunia dan di luar angkasa.
Beberapa
lokasi tradisional meliputi:
Ø Villa
pribadi (sewaan atau milik sendiri)
Ø Hotel
Ø Convention
center
Ø Museum
Ø Galeri
seni
Ø Klub
country
Ø Kapal
pribadi
Ø Tenda
pribadi
Namun
sebenarnya terdapat segudang pilihan yang tersedia bagi Anda. Event dapat dan
telah bertempat di taman bermain, akuarium, kompleks hiburan, arena roller
skate, panggung teater, klub memancing, lapangan golf, tenda di tengah gurun,
pada kolam renan yang ditutupi untuk makan malam dan menari, di restoran yang
disewa khusus, di pertanian desa, di puncak gunung, di tengah hutan, di
stadion, di lapangan baseball, di atap rumah, di restoran dan klub malam yang
dibuka untuk klien khusus, yang terdapat kamar atau tempat privat yang dapat
disewa untuk Anda dan tamu Anda. Tamu telah dijemput ke lokasi event dengan
mobil klasik dan mobil salju, dengan gerobak berisi jerami, dengan bus tingkat
dan becak, dan dengan kapal feri, kuda, jeep, sepeda motor dan mobil limosin.
Saat
mencari sebuah tempat untuk menyelenggarakan event, baik itu tradisional atau
unik. Anda harus mempertimbangkan 7 faktor kunci saat Anda membayangkan event
Anda. Lebih banyak kebutuhan bagi lokasi, seperti:
1.
Lokasi
(lokal, luar kota, luar negeri)
Daftar
tamu Anda akan menjadi sebuah faktor dalam menentukan lokasi event Anda. Di
mana sebagian besar dari tamu tinggal dan bagaimana biaya transportasi dan
akomodasi akan dibutuhkan untuk dimasukkan dalam perincian biaya?
2.
Tanggal
Apakah
libur nasional atau peristiwa khusus lain (contohnya pertandingan olahraga, pemilihan
umum, dan lain-lain) dapat mempengaruhi kehadiran atau berakibat terhadap
biaya-biaya lainnya?
3.
Musim
Bahkan
musim dan cuaca memainkan sebuah peran dalam pemilihan lokasi. Lokasi yang sama
pada musim yang berbeda akan menghasilkan serangkaian logistik event dan
perhitungan dana yang berbeda. Setiap musim memiliki tantangannya masing-masing
tergantung dengan jenis lokasi yang Anda pilih. Sebagai contoh, event dengan
tenda yang diadakan pada musim panas, di
tengah hari, akan membutuhkan dana yang lumayan untuk pendingin ruangan,
generator cadangan atau kipas angin di langit-langit, sementara sebuah sistem
pemanas, lantai dan pencahayaan akan menjadi faktor biaya bagi tenda pernikahan
di awal musim semi atau akhir musim gugur yang jelas lebih dingin baik siang
maupun malam, rumput lebih lembab dan matahari terbenam lebih cepat. Hal yang
sama juga berlaku bagi acara dalam gedung.
4.
Tanggal
hari H
Tanggal
hari H adalah sebuah faktor penting. Akankah Anda menjadi satu-satunya kelompok
yang mengadakan event di lokasi tersebut ataukan beberapa event akan
dijadwalkan untuk diadakan? Jika beberapa event akan diadakan, akankah Anda
merasa seperti sedang berada di baris antrean? Apa yang akan terjadi jika event
yang telah dijadwalkan ternyata telat? Apa yang akan terjadi jika tamu-tamu
harus menunggu? Berapa lama yang dibutuhkan supplier untuk mengatur tempat, dan
berapa lama yang dibutuhkan tamu untuk mengakses ruangan/tempat? Jika Anda
adalah orang yang mengadakan event lebih awal dari event lainnya, bagaimanakan
Anda meyakinkan para tamu untuk meninggalkan tempat tepat waktu sehingga event
selanjutnya dapat berjalan lancar? Akankah Anda merasa terburu-buru dan
tertekan, dan akankah Anda lebih baik mengadakan event di lokasi di mana Anda
adalah satu-satunya event di tempat tersebut?
5.
Outdoor
atau indoor
Anda
dapat menempatkan event Anda pada resiko jika Anda merencanakan untuk
melaksanakannya di luar ruangan tanpa menyiapkan persiapan untuk cuaca yang
buruk. Untuk event musim semi, musim panas dan musim gugur, sebuah tenda atau
ruangan privat pada tempat yang sama dapat disewa untuk mempersiapkan perubahan
cuaca. Hal yang sama juga berlaku bagi event luar ruangan pada musim gugur.
Perusahaan yang ingin mengadakan event ski harus menyewa tempat cadangan
sehingga mereka dapat memindahkan event jika cuaca memburuk.
6.
Bertempat
di satu tempat yang sama atau di beberapa tempat
Jika
Anda mengadakan event di 2 tempat yang berbeda, Anda harus memperhitungkan
waktu perjalanan antara 2 lokasi, jika tamu dapat dengan mudah bepergian antara
2 lokasi, dan bagaimana Anda ingin menyusun kedatangan mereka.
7.
Pertimbangan
dana
Tidak
semua lokasi diciptakan sama, semuanya memiliki kondisinya masing-masing.
Sebagai contoh, hal yang tidak perlu dimasukkan dalam perhitungan biaya pada
hotel meja, kursi, gelas khusus seperti gelas martini untuk sebuah bar martini,
mungkin perlu diperhitungkan jika menyewa convention center, museum, dan
lain-lain. Barang-barang tersebut mungkin perlu dipersiapkan untuk event Anda
dan biaya sewa mungkin dibutuhkan.
2) Gaya
Event
Gaya
event Anda adalah atmosfer atau keseluruhan efek yang berusaha Anda capai. Gaya
dapat dikombinasikan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Gaya sifatnya
personal. Tidak ada kata “harus” dalam gaya dan gaya tidak pernah berkutat
tentang uang semata. Jika pilihan gaya atau tema Anda adalah romansa, Anda
dapat memiliki sebuah event romantis dengan memakan biaya ratusan, ribuan, atau
bahkan ratus ribuan dolar. Apa yang Anda bisa belanjakan mungkin membatasi
pilihan Anda tetapi tidak pernah membatasi tema atau esensi gaya event Anda.
Gaya
event Anda akan mempengaruhi pemilihan undangan, lokasi, gaya berpakaian tamu,
bunga, dekorasi, musik, hiburan, makanan dan minuman. Hasil akhir Anda adalah
gabungan beragam faktor yang bekerja sama menjadi satu untuk menciptakan gaya
event Anda.
Berikut
ini adalah contoh beragam gaya event:
·
Tradisional
·
Klasik
·
Modern
·
Country
·
Kultural
·
Elegan yang formal
·
Elegan yang santai
·
Romantis
·
Ceria
·
Intim
·
Luar ruangan
·
Bertema
·
Musiman
·
Liburan
·
Pantai
·
Olah raga
3)
Tenaga
(menciptakan suasana)
Setiap
event memerlukan tenaga. Lokasi, dekor, musik, makanan dan minuman, aktivitas
dan tamu semuanya berpadu memberikan tenaga ke ruangan dan suasanya yang
disiapkan. Energi yang Anda bawa ke event Anda yang merupakan sebuah hasil dari
perencanaan event Anda dapat bersifat baik atau buruk.
Perencanaan
kurang baik yang tidak memperhitungkan waktu, logistik dan elemen event dapat
secara harfiah menghisap tenaga dari sebuah ruangan. Ini dapat Anda rasakan
ketika event berlangsung datar, ruangan terasa sumpek, pembicaraan macet atau
terdapat keheningan yang ganjil dan ruangan menjadi tidak memilik tenaga.
Tenaga negatif dapat memenuhi sebuah ruangan saat ada bagian yang dilupakan,
antrean yang lama, tamu yang lama atau lelah, dan tidak cukup tempat duduk.
Memilih sebuah ruangan atau setting yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk
jumlah tamu juga dapat menurunkan tingkat tenaga dalam sebuah ruangan..
4)
Emosi
- Perasaan
Gaya
event yang Anda pilih akan bergantung kepada emosi yang mengelilingi event
Anda. Sebagai contoh, sebuah gaya romantis akan menimbulkan perasaan halus,
lemah lembut, intim, semua terbungkus dalam cinta. Sebuah event yang bertema
ceria, dikemas dengan permainan, akan memberikan kehangatan dan kasih sayang
yang bergerak aktif. Pikirkanlah gaya event dan perasaan yang ingin Anda
timbulkan. Pilih salah satu yang akan mengambarkan jiwa dari tujuan event Anda
dan perasaan tersebut akan membuat event Anda berbeda dari yang lain.
IV.
BAYANGAN
EVENT – PERTANYAAN DAN JAWABAN
Berikut
ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu Anda untuk menciptakan
bayangan event Anda, menentukan bagian apa yang paling penting bagi klien Anda
dan menuntun Anda menuju pertimbangan dana yang harus Anda perhatikan – hal-hal
tak berurutan yang nampaknya dapat bertambah dengan cepat hingga mencapai
ratusan dan bahkan ratus ribuan dolar dalam biaya tidak terduga, jika tidak
diperhitungkan sejak tahap awal perencanaan event Anda.
Kuisioner
ini akan membuka pintu diskusi dengan klien Anda, yang akan menuntun Anda
menuju tahap pembuatan keputusan dan menentukan apa yang paling penting bagi
mereka dan bagaimana itu semua akan masuk ke dalam pendanaan event mereka.
a)
Tanggal
Event
Ø Tahun berapa Anda akan mengadakan
event?
Ø Musim apakah yang Anda membayangkan
event akan dilaksanakan?
Ø Berapa banyak waktu perencanaan
yang akan diberikan kepada Anda?
Ø Hari apakah Anda ingin event
tersebut diadakan?
Ø Jam berapakah Anda akan memulai
event?
Ø Akankah tahun, bulan, tanggal atau
jam mempengaruhi kedatangan?
b)
Tamu
VIP
Ø Apakah tamu VIP akan menjadi bagian
dari event Anda? (Ini dapat berarti penambahan biaya untuk hotel, limosin, dan
lain-lain pada perhitungan budget must-have)
c)
Tamu
Event
Ø Berapa banyak tamu yang Anda
bayangkan akan menghadiri event?
Ø Akankah peserta dipersilahkan untuk
membawa kerabat?
Ø Berapakah perkiraan umur tamu yang
akan diundang?
Ø Apakah Anda membayangkan anak kecil
akan diundang ke event Anda?
Ø Akan adakah tamu yang membutuhkan
perlakukan khusus, seperti difabel?
Ø Akan adakah tamu yang ingin Anda
undang ke event berasal dari luar kota, luar provinsi, atau luar negeri?
Ø Akankah Anda dibutuhkan untuk
menyambut tamu luar kota dan menghibur mereka baik pre, post, ataupun selama
event?
d)
Undangan
Ø Apakah Anda terbuka terhadap gaya
undangan atau Anda telah memilikibayangan khusus dalam pikiran Anda?
e)
Event
Ø Di manakah Anda membayangkan event
Anda akan berlangsung?
Ø Apakah event berlangsung di luar
atau dalam ruangan?
Ø Apakah Anda membayangkan event
tersebut sebagai sebuah event formal atau informal?
Ø Bagaimana Anda membayangkan pakaian
yang dikenakan peserta?
Ø Di manakah lokasi event dalam
hubunganna dengan tempat tinggal tamu?
f)
Dekorasi
Event
Ø Seiring berdatangannya tamu ke
event, apakah yang Anda bayangkan akan mereka lihat dari saat mereka tiba
hingga mereka duduk? Dan akankah sesuatu berubah saat event berjalan?
g)
Musik
Event
Ø Apakah yang Anda bayangkan akan
didengar oleh tamu saat kedatangan mereka atau selama event berlangsung? (Ini
akan membantu Anda menentukan kebutuhan tempat, contohnya apakah Anda perlu
mengakomodasi tempat untuk sebuah band?)
h)
Pencahayaan
Event
Ø Apakah nuansa yang ditampilkan oleh
pencahayaan?
Ø Apakah suasana yang Anda ingin
tampilkan dalam ruangan?
Ø Bagaimana panggung akan diberi
cahaya?
i)
Kedatangan
pada Event
Ø Bagaimana Anda membayangkan tamu
berdatangan pada envet? Akankah mereka menyetir sendiri atau akan ada sopir
untuk mengantar mereka? Akankah mereka datang dengan limosin atau alat
transportasi lainnya?
j)
Fotografi
Event
Ø Akankah Anda menyewa fotografer
atau kameramen profesional untuk event Anda?
Ø Siapakah yang akan mengurus
fotografi atau rekaman video event Anda?
Ø Backdrop seperti apakah yang Anda
ingin lihat pada foto event Anda?
k)
Alur
Event
Ø Apakah yang menjadi hal paling
penting bagi Anda dalam event Anda?
Ø Bagaimana Anda membayangkan event
Anda berlangsung?
Ø Berapa lamakah Anda membayangkan
event akan berlangsung dari awal sampai selesai?
l)
Kebutuhan
Ruangan Event
Ø Bagaimana Anda membayangkan ruangan
diatur?
Ø Akankah pada event Anda kursi
berada di pinggi ruangan?
Ø Akankah para tamu pada event Anda
duduk di kursi yang mengelilingi meja-meja?
Ø Jika Anda memasukkan acara makan
malam, akankah tamu bebas memilih tempat duduk atau akan ada penamaan pada
kursi?
Ø Akankah terdapat stand tempat
makanan atau makanan disajikan oleh pelayan?
Ø Akankah terdapat bar di ruangan
atau minuman dibawakan oleh pelayan?
Ø Akankah dibutuhkan sebuah panggung
untuk pidato, pemusik, DJ atau penghibur?
Ø Akankah ada tamu berdansa?
Ø Akankah terdapat kebutuhan
audiovisual lain, seperti screen projector, plasma screen, dan lain-lain, yang
harus diperhitungkan dalam kebutuhan ruangan event?
m)
Audiovisual
Event
Ø Apakah akan ada pidato?
Ø Apakah sebuah podium atau
microphone dibutuhkan?
Ø Apakah Anda memiliki kebutuhan
audiovisual?
n)
Makanan
dan Minuman Event
Ø Apakah jenis minuman yang akan Anda
sajikan?
Ø Apakah jenis makanan yang akan Anda
sajikan?
o)
Kepergian
dari Event
Ø Akankah terdapat suvenir khusus
bagi para tamu?
p)
Pre-Event
dan Post-Event
Apakah kebutuhan biaya
dan tempat sebelum dan sesudah memasuki lokasi, pemasangan, gladi resik, hari
H, pembongkaran, dan keluar dari lokasi yang perlu Anda perhitungkan?
Setelah
Anda melengkapi bayangan event Anda dan menyelesaikan perhitungan dana awal
berdasarkan must-have, sekarang waktunya Anda membuat keputusan kunci untuk
merancang tambahan-tambahan yang akan membuat event Anda lebih memuaskan lagi.
Beberapa
cara untuk mengadakan green meeting dan event meliputi:
Ø Penggunaan
USB menggantikan handout yang dicetak, sehingga mengurangi penggunaan kertas,
dapat memuat informasi digital dari perusahaan dan sponsor.
Ø Berpindah
dari air minum botolan menjadi menyediakan botol minum stainless steel yang
dapat digunakan ulang sehingga menghemat uang, menekan sampah plastik dan
merupakan sebuah alternatif yang lebih sehat (sebagai respon dari permasalahan
kesehatan yang berkaitan dengan BPA, blok bangunan utama yang terbuat dari
plastik polikarbonat, larut ke dalam air) dan dapat diberi logo sehingga dapat
berguna bagi tujuan pemasaran brand perusahaan.
Ø Green
award bagi inovasi dan pencapaian perusahaan atau personal yang mampu
melestarikan lingkungan.
Ø Event
pembangunan tim yang meliputi komponen go green atau CSR, seperti proyek
sukarelawan dan pelayanan komunitas contohnya penanaman pohon, atau pembiayaan
dan pembangunan rumah bagi Habitat for Humanity.
Berikut
ini adalah sebuah sampel dari pendanaan awal yang membuat Anda dapat membuat
perkiraan kasar dari pengeluaran utama event:
q)
Perkiraan
Biaya Awal
Secara
umum, Anda bisa mendapat perkiraan tertulis dari supplier untuk beragam barang
yang Anda perlukan. Perkiraan tersebut dapat diperbaiki nanti setelah pendanaan
awal disetujui dan kebutuhan event dijabarkan secara detil. Sebagai contoh,
sebuah catering akan dapat memberikan perkiraan biaya untuk makan malam berisi
5 sajian dasar untuk tujuan perkiraan dana, tetapi biaya makan malam yang
sebenarnya akan berdasarkan pada pemilihan menu final.
Contoh
perkiraan biaya awal harus mencakup biaya utama, seperti:
·
Undangan
·
Akomodasi
·
Transportasi
·
Sewa tempat
·
Biaya gladi resik
·
Makanan
·
Panggung
·
Audiovisual
·
Pencahayaan
·
Special effect
·
Fotografi
·
Kartu tempat duduk
·
Menu
·
Hadiah
·
Materi cetak
·
Materi promosi
·
Asuransi
|
·
Minuman
·
Penataan bunga
·
Dekorasi
·
Musik
·
Hiburan
·
Speaker
·
Keamanan
·
Biaya tukang
·
Kelistrikan
·
Biaya komunikasi
·
Penerjemahan
·
Pengiriman
·
Bea cukai
·
Staff
·
Lain-lain
·
Pajak dan biaya jasa
·
Tarif manajemen perencanaan event
|
Buatlah
sebuah daftar detil yang meliputi semua yang mungkin, terlepas dari biaya, pada
sebuah file di Excel atau software akuntansi lainnya. Merancang perkiraan biaya
di komputer akan membuat Anda mampu melihat dengan cepat di mana posisi Anda
dan membuat penyesuaian pada biaya saat terdapat perubahan harga. Anda akan
dapat segera melihat bagaimana perkiraan biaya terpengaruh saat Anda menambang
dan mengeluarkan beragam elemen event. Hal-hal yang tersisa sifatnya tidak
wajib dan dapat dimasukkan setelah Anda menyelesaikan perkiraan biaya awal
Anda.
Sebagai
contoh, jika makanan dan minuman adalah must-have, menu dan kartu tempat duduk
dapat menjadi tambahan event yang baik, perijinan biaya, atau jika menu dan
kartu tempat duduk dianggap penting oleh perusahaan Anda maka Anda harus
mengetahui bahwa biaya tersebut harus dimasukkan ke dalam perkiraan biaya pada
pengeluaran makanan dan minuman.
Sebagai contoh, pialang
saham menghadiri perkumpulan malam
yang menyenangkan, makanan dan petualangan di sebuah hiburan baru yang kompleks. Pelatih
bermotor telah menunggu di hotel mereka untuk membawa mereka ke situs dan untuk
membawa mereka kembali. Sebagai tamu makanan mereka disajikan dengan paket
disegel dan dilarang membukanya sampai mereka tiba di swasta koktail resepsi.
Di dalam kit yang dapat disamakan handuk golf yang melayani tujuan ganda tim penetapan dan
dibawakan pulang
hadiah.
Tujuan terlebih dulu dari handuk golf
adalah untuk membagi tamu menjadi enam tim identitas berdasarkan warna handuk. Setiap tim
dipimpin oleh seorang anggota senior dari perusahaan tuan rumah, memungkinkan
perusahaan perwakilan anggota untuk menghabiskan waktu untuk mengenal anggota tim. Handuk golf dengan mudah
dijepitkan ke ikat pinggang atau dompet dan membuat setiap anggota tim dengan
mudah dapat dikenal.
Pada resepsi koktail,
para tamu diberi instruksi dan kemudian mereka berangkat pada petualangan dua
jam, mengambil bagian dalam sesuatu unik-virtual-realitas Olimpiade. Setelah
itu,mereka bertemu untuk makan malam dan berkesempatan untuk berbagi pengalaman. Skor dengan cepat
dihitung dan hadiah diberikan. Tamu
bebas untuk tinggal dan menikmati fasilitas di waktu luang mereka, dengan area
pribadi tersisa jika mereka ingin bersantai dan menikmati minuman, kopi dan makanan penutup. Angkutan meninggalkan
setiap setengah jam untuk membawa mereka kembali ke hotel jika mereka memilih
untuk pergi. Para tamu memiliki waktu yang besar yang pada akhir malam yang paling tidak ditinggalkan.
Telah memiliki
pengalaman yang menghibur dan perusahaan yang tujuan telah terpenuhi, mereka
telah menghabiskan waktu yang berkualitas dan berinteraksi mengenal tamu-tamu
mereka.
Ditujuan kedua dari
handuk golf adalah membawakan
pulang hadiah. Terlalu sering, hadiah tersebut kurang diperhitungkan dengan
matang, pernak-pernik tak berguna, tetapi karena banyak pialang saham bermain
golf, handuk itu sesuatu yang mereka benar-benar bisa digunakan, dan akan
berfungsi sebagai pengingat visual acara.
Apakah acara tersebut
direncanakan hanya sebagai sebuah resepsi cocktail dan makan malam di fasilitasi, orang mungkin masih
memiliki waktu yang baik, tetapi awal perencanaan
sebuah perusahaan atau individu telah memutuskan untuk mengadakan
sebuah event. Setelah menyiapkan acara visi dan estimasi biaya awal, mereka telah
menyimpulkan bahwa mereka memiliki dana siensui dan telah dialokasikan sejumlah
yang ditetapkan untuk acara memiliki tujuan acara tersebut dan memutuskan bahwa
akan membenarkan pengeluaran saya sekarang siap untuk memulai
awal perencanaan untuk acara tersebut.
Selama tahap ini, jika mereka tidak memiliki sebuah perencana acara mereka akan memutuskan apakah mereka perludi
luar profesional membantu dan membawa sebuah perusahaan perencanaan acara, menyewa sebuah
acara independen perencana untuk bekerja dengan tim internal mereka atau
memiliki kerja tim internal mereka dengan pemasok acara langsung untuk
menangani desain acara mereka mengelola mereka anggaran, logistik, pelaksanaan
waktu dana cara, dan mengorganisir serta sebagai membantu mereka untuk
memvisualisasikan semuanya dari atas ke bawah. Ketika merencanakan peristiwa
besar orang terlalu banyak berpikir dalam kerangka dolar dan sen, tidak masuk
akal. Klien baik itu perusahaan, sosial atau pernikahan perlu tahu
kapan dan di mana untuk membawa acara tujuan
perusahaan tidak akan dipenuhi. Tanpa struktur satu tim yang bersaing, tidak akan tetap
sama berkualitas interaksi. Jika para tamu telah meninggalkan untuk
mengeksplorasi fasilitas pada mereka Pemilik mereka akan telah terlalu menyebar,
dan dengan sedikit untuk menjaga mereka bunga yang mereka mungkin hanya singgah
untuk koktail dan cepat permainan sebelum judul ke acara lain.
Langkah
PertamaPertanyaan
Ø
Haruskah saya memegang
suatu acara?
Ø
Apakah saya memiliki
dana suisien untuk menggelar acara?
Ø
Berapa banyak uang
yang dapat saya sisihkan untuk acara ini?
Ø
Apa tujuan dari acara
tersebut?
Ø
Apakah itu membenarkan
pengeluaran saya nansial?
Merencanakan bantuan profesional,
termasuk ahli dalam hubungan masyarakat, seorang direktur kreatif atau produsen
untuk menangani produksi acara dari konsep sampai selesai. Adalah penting bahwa
perencana acara tidak hadir diri mereka kepada klien mereka sebagai layanan
industri yang tidak peran mereka bermain-karena dianggap sebagai hanya
pengambil ketertiban. Sebaliknya, mereka perlu untuk mewakili diri mereka
sendiri, perusahaan mereka dan industri perencanaan acara sebagai penjualan
bisnis yang berharga dan alat pemasaran yang dapat membantu perusahaan klien, organisasi
dan desain individu, memproduksi dan memberikan suatu peristiwa yang telah menciptakan adat, bukan cetakan kue dan strategis
dirancang untuk memenuhi dan melampaui mereka identii perusahaan, tujuan
profesional dan pribadi.
Acara perencana dan acara
yang berhubungan dengan konsultan tidak bolehdi pandang sebagai biaya tambahan
dan kemewahan. Benar-benar dapat
menghemat uang pada akhirnya, terutama jika mereka dibawa pada waktu yang
tepat. Untuk Misalnya, publik yang baik
hubungan perusahaan dapat membantu dengan tamu Anda daftar dan memastikan bahwa
orang yang tepat diundang untuk acara Anda, mereka bisa juga membantu membuat
siaran pers dan tekan kit untuk Anda nasional dan media internasional eksposur.
Seorang direktur kreatif atau peristiwa profesional desainer bekerja untuk
menyediakan Anda dengan gambaran konsepsional strategis dari desain acara,
termasuk perencanaan, organisasi, logistik dan negosiasi elemen dan rincian
kecil yang membuat keajaiban.Hari ini, secara harfiah langit dan luar adalah
batas ketika datang keperencanaan acara, dan profesional dapat memperluas
cakrawala klien mereka.
Ruang kini telah berhasil
digunakan untuk memulai sebuah klub golf baru, dengan astronot bermain golf di
angkasa, untuk merayakan ulang tahun sebuah majalah perayaan penutup (sebuah
kebesaran mock-up diletakkan di padang pasir dan dirancang untuk dilihat oleh
satelit dari luar angkasa) makan malam (atau sarapan, makan siang atau koktail)
telah benar-benar diangkat ke ketinggian baru dengan yang dilayani dari platform
makan menyewa tergantung 50 meter di atas tanah mengangkat oleh derek yang
dapat menampung 22 tamu, koki, server dan musisi dan akan diadakan di mana saja
di dunia (izin memungkinkan) atau digunakan untuk memiliki orkestra atau overhead
band yang bermain dari suatu peristiwa.
Ketika menentukan jenis aktivitas, melihat audiens yang
ditargetkan. Sibuk profesional tidak dapat mengambil waktu dari jadwal mereka
untuk menghadiri simposium yang akan dipotong menjadi waktu keluarga yang ditunjuk,
tetapi dapat hadiri jika
acara ini dirancang untuk memasukkan anggota keluarga mereka, seperti swasta menunjukkan
dalam teater atau pemesanan eksklusif sebuah pusat hiburan. Simposium dapat diselenggarakan di pagi
hari sementara keluarga mereka berada dibermain, kemudian bisa bertemu untuk makan
siang dilayani, dengan saldo hari bagi mereka untuk menikmati fasilitas
tersebut dengan anggota keluarga mereka atau dalam kasus menunjukkan pribadi
dalam teater atau tempat duduk utama untuk permintaan yang dihidup menunjukkan, simposium lagi bisa
diadakan lebih awal dan pribadi pra dan pasca-makan fungsi bisa jangkar unsur
hiburan dari acara. Sebuah perusahaan yang mampu mengamankan menunjukkan
pribadi di teater atau kursi di, panas instan menjual habis Hannah Montana
langsung kinerja acara akan tidak memiliki masalah kehadiran mencapai maksimum
pada mereka simposium dibangun di sekitar peristiwa keluarga, sama seperti
mereka akan dengan terbatas kinerjanya. Sebuah acara publik ingin
membuat sebuah acara yang akan menghasilkan pra.
Menunjukkan paparan media yang
akan berguna untuk membawa klien ke depan pintu mereka mungkin terlihat untuk
bermitra dengan perusahaan atau perusahaan yang akan membantu mereka untuk
mencapai tujuan tersebut.
V.
Visualisasi
Visualisasi
adalah faktor penting untuk memastikan suksesnya suatu acara,sesungguhnya ini
merupakan lanjutan dari visi konsep suatu acara yang sudah diciptakan.
Visualisasi merupakan proses berjalan sampai selesainya acara Anda dalam suatu
kemajuan, dengan visualisasi memperbolehkan Anda untuk memperkirakan lokasi
mana yang bisa berpotensi menimbulkan masalah. Visualisasi juga memperbolehkan
Anda menentukan lokasi mana yang akan Anda rencanakan, sehingga pada hari H
nanti Anda sudah siap dalam segala hal.
Contoh :
Jika
tamu Anda tiba-tiba datang secara bersamaan dan hanya sekali saja kedua
eskalator berjalan ke atas dan kebawah menuju pintu utama ruang tari, bayangkan
itu dipikiranmu. Anda mungkin menginginkan bagaimana agar kedua eskalator tsb
bisa diatur untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat daya masuk pengguna
eskalator. (Pada visualisasi ini penyelesaian yang tepat tergantung dari apa
acara Anda). Hal lain yang mungkin bisa Anda lakukan adalah menyediakan dua
meja pendaftaran yang diletakkan dimasing – masing kaki eskalator untuk membantu mengurangi lamanya
waktu tunggu. Sebagai tambahan, Anda juga boleh menyediakan ruangan terpisah
sebagai pengecek lokasi.
Dengan
visualisi yang telah diurai didepan akan memudahkan Anda untuk menentukan
pegawai yang Anda percaya untuk menerima tamu, duduk dikursi registrasi dan
memeriksa para tamu satu persatu. Dengan visualisasi Anda dapat
mempertimbangkan semua pilihan Anda dan melihat bagaimana mereka mempengaruhi
anggaran Anda sebelum Anda mengakhiri rencana Anda. Coba bayangkan acara Anda
dari mulai awal hingga berakhir. Anda perlu memvisualisasikan berjalannya acara
Anda dalam pikiran Anda.
Ingat !
Acara
Anda adalah refleksi dari image perusahaan Anda. Ingat bahwa apa yang Anda
lakukan hari ini menentukan kesan pada hari esok Anda, Anda bisa mengerjakan
keduanya dan terus berpacu membangun momentum untuk event Anda selanjutnya.
Kunci penting untuk menciptakan keberhasilan ambisi Anda adalah, irama, alur,
susunan acara dari muali awal hingga akhir.
Ini
hanya point permulaan Anda- kita akan mengupasnya secara lebih detail pada bab
lain. Bayangkan tentang acara Anda. Daftar tiap-tiap unsur yang Anda perlukan.
Apa yang menjadi prioritas – yang benar-benar Anda butuhkan – untuk membuat
suksesnya acara Anda? Sudahkah Anda memberikan faktor “wow” dalam acara Anda ?
atmosfer seperti apa yang akan Anda ciptakan ? Apa yang bisa diingat dari acara
Anda? Persepsi apa yang akan muncul dari perusahaan Anda setelah itu ? sekarang
coba bayangkan acara Anda mulai dari awal sampai berakhir untuk mencari secara
logis apa saja yang akan Anda butuhkan yang selanjutnya ditambahkan ke anggaran
Anda?
Tip :
Faktor penting dalam insentive program
adalah bahwa target penjualan tidak terlalu banyak; mereka harus bisa diperoleh secara keseluruhan,
dan banyaknya peserta yang menghadiri acara tsb harus
tidak terbatas".
VI.
Memonitor Anggaran
a.
Lembar harga
Setiap
Anda mulai merencanakan acara Anda, persiapkan anggran Anda melalui lembar
harga lebih awal lau masukkan ke program Excel, agar memperjelas apa-apa saja
yang dibutuhkan untuk dimasukkan ke dalam program, hal ini memudahkan kita
untuk menyimpan data anggaran Anda. Ini akan membantu Anda untuk menentukan
bagaimana Anda nantikan membelanjakan uang Anda secara benar, memungkinkan Anda
untuk memperhatikan berbagai macam pilihan pengubah dan Anda bisa melihat
baiamana Excel bekerja dengan parameter yang sudah Anda buat.
Tip :
" Gunakan suatu program spreadsheet
seperti Excel untuk pencatat anggaran Anda dan membaharui sebagaimana
diperlukan. Ini memungkinkan Anda untuk memelihara secara relatif real-time
data dan berbagi dengan orang-orang yang tepat “
b.
Jadwal pembayaran
Sebelum Anda tanda tanga
kontrak, Anda perlu mempersiapkan jadwal pembayaran untuk menyesuaikan tanggal
jatuh tempo. Hotel dan tempat-tempat lain yang akan bekerjasama dengan Anda,
apabila pembayaran butuh untuk diubah maka itu harus disesuaikan dengan klien
Anda baik itu menggunakan cek atau uang tunai.
Lembar harga Anda merupakan
dasar untuk menentukan jadwal pembayaran Anda. Jadwal pembayaran membutuhkan
perubahan jika materi yang kamu rencana pemasukan atau jumlah tamu mengalami
perubahan. Kesepakatan dan separuh pembayaran dilakukan di depan, sisa
pembayaran dilakukan setelahnya.
Daftar prinsip desaign event
5 prinsip yang selalu dipertimbangkan
dalam prinsip design event;
Ø Element : keseluruhan bagian untuk mendekorasi acara
Ø Esensial : hal penting – harus punya
Ø Environment : lingkungan
Ø Energy: kekuatan-suatu suasana hati
Ø Emotion: perasaan
Tip :
" Suatu event-corporate- sosial
digunakan sebagai investasi bisnis. Yang mengarah pada penjualan, membangun
kesadaran, menciptakan kesetiaan merek, memotivasi pembelian, menaikkan
produktivitas dan profitabilitas peningkatan. Ketika berpikir tentang disain
acara dan bagaimana cara menciptakan suatu pengalaman acara yang akan mengarah
pada hasil yang hebat, gunakan rumus D.R.I.V.E
D [Define] Gambarkan perusahaan dan sasaran dari acara
R [Riset] dan kembangkan visi acara
Anda
I [Inovasi]
dan menciptakan suatu pengalaman acara dengan menggunakan sasaran acara dan
prinsip disain
V [Visualization] Khayalkan acara Anda secara bertahap untuk
menangkap semua keperluan, biaya dan kebutuhan penting dalam acara
E [Execute] Laksanakan dengan pemilihan
waktu dan ketepatan yang terperinci.
Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya
GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!
Dari Kami langsung ke email anda!
1 komentar:
Terimakasih untuk share artikelnya ya...
Oh ya, sekedar info aja nih. Bagi yang kesulitan menentukan tempat event, ada tips bagus nih untuk kamu.
Coba cek infonya di sini : Cara Menentukan Tempat yang Tepat untuk Event
Posting Komentar