Anda disini » Home » Distorsi Pesan Dalam Komunikasi Organisasi

Distorsi Pesan Dalam Komunikasi Organisasi

By Ismerisa_Elzahiera | Rabu, 12 Januari 2011

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :


qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfgh
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2010
jklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm
 

Distorsi pesan dalam komunikasi organisasi

Ismerisa (09730075)

Ismerisa (09730075

















PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan aktifitas dari manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam komunikasi.
Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat di pungkiri begitu saja halnya bagi organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurang atau tidaknya komunikasi organisasi dapat macet atau berantakan.
Komunikasi yang efektif adalah sangat penting bagi semua organisasi. Oleh karna itu, para pimpinan organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka.












BAB 1
A.    Pengertian ketepatan dan distorsi pesan
Ketepatan komunikasi menunjukkan kepada kemampuan orang untuk mereproduksi atau menciptakan suatu pesan dengan tepat. Dalam komunikasi, istilah ketepatan di gunakan untuk menguraikan tingkat persesuaian di antara pesan yang di ciptakan oleh pengirim dan reproduksi penerima mengenai pesan tersebut. Atau dengan kata lain tingkat penyesuaian arti pesan yang di maksudkan oleh si pengirim dengan arti yang diinterpretasi  oleh si penerima.
Hasil penelitian  menunjukkkan bahwa informasi dan arti pesan berubah dari apa yang di maksudkan, ketika pesan itu melewati individu-individu dalam jaringan komunikasi. Proses komunikasi kebawah, keatas, horizontal dan berbagai arah ada yang terjadi dengan cara yang simultan, secara seri atau berantai. Pesan yang didistribusikan dengan cara yang simultan mudah kena perubahan dan distorsikan bila di bandingkan dengan komunikasi interpersonal.
B.    Faktor personal yang mempengaruhi distorsi
Ada sejumlah prinsip yang mereflesikan factor-faktor personal yang memberikan kontribusi pada distorsi pesan. Factor-faktor ini biasanya berasal dari konsep kitamengenai komunikasi sebagai tingkah laku dan proses untuk memperlihatkan arti yang di tentukan. Suatu tingkah laku komunikasi melibatkan alat indra seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan dan perasa. Pada suatu saat kita akan di bombardirkan oleh bermacam-macam keterbatasan kita dalam proses komunikasi baik yang datang dari luar maupun dari dalam kita sendiri. Factor utama yang memberikan kontribusi pada distorsi pesan  dalam proses komunikasi, adalah persepsi kita mengenai pemberian komunikasi tersebut.
Hal- hal yang berkenaan dengan persepsi yang ikut mempengaruhi proses komunikasi adalah sebagai berikut:
1.     Orang mengamati sesuatu secara seleksi
2.     Orang melihat sesuatu konsisten dengan apa yang mereka percayai
3.     Bahasa itu sendiri kadang-kadang kurang tepat
4.     Arti suatu pesan terjadi pada level isi dan hubungan
5.     Distorsi di perkuat oleh tidak adanya konsisten bahasa verbal dan nonverbal
6.     Pesan yang meragukan sering mengarah pada gangguan
7.     Kecendrungan memori ke arah penajaman dan penyamarataan detail
8.     Motifasi mungkin membangkitkan distorsi pesan
C.    Faktor organisasi yang mempengaruhi distorsi
1)     Kedudukan tau organisasi dalam organisasi
2)     hierarki dalam organisasi
3)     Keterbatasan berkomunikasi
Jaringan komunikasi, organisasi dan individual menciptakan cara penyesuaian untuk menghindari pesan bila terlalu banyak untuk menjaga tidak terputusnya urutan dalam proses informasi, individu boleh melakuakn beberapa hal berikut:
·       Mengabaikan beberapa pesan
·       Menunda respon bagi pesan yang penting
·       Menjawab atau berespons hanya terhadap bagian dari beberapa pesan
·       Menggunakan waktu yang sedikit untuk tiap-tiap pesan
·       Memblok pesan sebelum masuk system
·       Mengurangi standar untuk membiarkan beberapa kesalahan dalam respon terhadap pesan
·       Mengurani beban respons terhadap beberapa pesan
4)     Hubungan yang tidak personal
5)     System aturan dan kebijaksanaan
6)     Spesialis tugas
7)     Ketidak pedulian pimpinan
Sikap tidak peduli dari pimpinan organisasi juga merupakan pengalamn dalam proses komunikasi. Ada empat hal yang memberikan sumbangan terhadap sikap tidak peduli ini, yaitu:
·       Pimpinan sering gagal mengirim pesan yang di butuhkan kariawan
·       Kebanyakan organisasi pada dasarnya tidak menginginkan komunikasi dua arah.
·       Kondisi menghalangi komunikasi yang efektif dan di hubungkan dengan tidak ambil pusing yang mendalam.
·       Keragu-raguan dan daya tahan perhatian yang sebentar merupakan hambatan bagi komunikasi yang efektif.
8)     Prestise
9)     Jaringan komunikasi
D.    Usaha- usaha untuk mengurangi distorsi
1.     Menetapkan lebih dari satu saluaran komunikasi
Salah satu cara untuk menemukan gangguan dengan menginformasikan pesan itu dengan berbagai sumber pesan,. Hal ini dapat di lakukan dengan cara berikut:
·       Menggunakan sumber informasi yang di luar organisasi termasuk materi ayng telah dipublikasikan, teman dari organisasi lain, langganan organisasi, teman dari organisasi yang lain, kenalan dan desah desus.
·       Menciptakan bidang tanggung jawab yang tumpang tindih diantara karyawan sehinnga adanya kompetensi dlam proses komunikasi.
2.     Menciptakan prosedur untuk mengimbangi disrorsi
3.     Menghialangkan pengantara antara pembuat keputusan dengan pemberi informasi
4.     Mengembangkan pembuktian gangguan pesan











PENUTUP

         Kualitas hidup dalam hubungan kita terhadap sesama manusia dapat ditingkatkan dengan memahami dan memperbaiki cara berkomunikasi yang kita lakukan. kita dapat mempelajari berbagai tinjauan tentang komunikasi, dan mempelajari komunikasi dalam organisasi amatlah menarik. Karena kita bisa memperdalam ilmu tentang komunikasi yang baik antara sesama manusia dalam ruang lingkup organisasi.
         Demikian makalah ini saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi organisasi dan menambah refrensi pengetahuan tentang komunikasi organisasi yang ada di pasar sentul. Tentunya dalam pembuatan makalah ini, banyak sekali kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, sehingga kritik dan saran dari pembaca dan dosen komunikasi organisasi sangatlah saya butuhkan.

Refrensi:
Muhammad, Arni. Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2009



Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar, kritikan atau saran anda mengenai artikel di atas untuk mendapatkan backlink gratis dari Your Blog ini. Komentar yang tidak sesuai topik, SPAM, Penghinaan, dsb terpaksa akan saya hapus ! Tanks be 4,,.

 
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. Pusat-cara.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by IDJUNAYDOTCOM | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com