Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan
Anda disini » Home » Event Organizer (EO)

Event Organizer (EO)

By Ismerisa_Elzahiera | Jumat, 01 Maret 2013

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :


       I.            LANGKAH-LANGKAH PERTAMA:
PERENCANAAN DAN PENDANAAN
Mengatur dan mengadakan sebuah event – baik itu berupa meeting, acara korporasi, makan malam penggalangan dana, konferensi, konvensi, insentif atau acara khusus lainnya – sering disetarakan dengan menyutradarai sebuah film, walaupun lebih mirip seperti sebuah produksi drama yang ditayangkan secara live. Itu adalah sebuah kegiatan beresiko tanpa jaring pengaman. Sekali acara dimulai, tidak ada kesempatan kedua. Dilaksanakan dalam sekali jalan dan tidak ada gladi resik. Dan tidak dapat berkata  “Cut” dan mengambil ulang adegannya. tidak dapat memperikrakan – seperti halnya dengan sebuah naskah film – bagaimana tamu-tamu dan supplier akan berinteraksi dan bereaksi. Namun Anda dapat berencana, bersiap dan kemudian siaga terhadap hal-hal yang tidak terduga.
Pada sebuah acara yang direncanakan dengan tidak baik, kru dekorasi event, panggung dan pencahayaan datang sebelum acara untuk melakukan pengaturan bagi sebuah event di kolam renang privat yang dilengkapi dengan pencahayaan dan musik tarian air. Mereka menemukan bahwa kolam renang telah diisi sejak beberapa bulan lalu tanpa seorang pun memberi tahu perusahana perencanaan event, dan perusahaan tersebut beserta supplier mereka telah pergi sejak meeting pre-event, tanpa sama sekali memberi tahu garis besar kebutuhan kolam renang tersebut dalam kontrak vendor mereka. Dekorasi besar- besaran yang mahal dan pertunjukan kembang api yang mewah – didanai oleh perusahaan perencanaan event tadi dalam jumlah besar sebagai kompensasi kelalaian tersebut – harus dibeli di detik-detik terakhir untuk membuat sebuah tampilan fantasi yang akan menyenangkan klien mereka.
Sangatlah penting untuk mengingat bahwa berusaha menciptakan sesuatu yang mungkin akan diingat oleh seseorang untuk seumur hidupnya. Event apapun, baik itu untuk 50 ataupun 2000 orang, harus direncanakan sedetil dan sebaku produksi film, begitu pula pendanaannya.
Sebelum Anda merancang event Anda, pertama-tama Anda harus menentukan mengapa Anda mengadakan acara atau ikut serta dalam sebuah acara. Ini akan mendefinisikan tujuan event, dan dari situ dapat ditentukan tujuan primer dan sekunder dari tiap-tiap event. Tujuan event akan didiskusikan dengan lebih detil di bab ini nantinya. Memahami mengapa event ini diadakan akan membantu Anda (dan klien Anda) untuk memetakan tujuan perusahaan atau klien – baik keuntungan jangka pendek (hari H) maupun jangka panjang – sehingga Anda dapat memilih gaya yang cocok dengan event tersebut agar mampu mencapai tujuan tadi.
The Executive’s Guide to Corporate Events and Business Entertaining (Wiley, 2007) memberikan sebuah tinjauan mendalam bagi gaya event dan garis besarnya secara mendetil terhadap keuntungan yang akan didapat perusahaan dan tujuan diadakannya event.
Contoh-contoh Gaya Event yang Berbeda


Ø  Meeting pemegang saham
Ø  Meeting bisnis
Ø  Acara apresiasi klien
Ø  Konferensi
Ø  Konvensi
Ø  Pertunjukan korporasi
Ø  Seminar pelatihan yang meliputi tantangan fisik dan emosi
Ø  Acara apresiasi karyawan
Ø  Liburan eksekutif
Ø  Malam penggalangan dana
Ø  Insentif berupa liburan dan program premium
Ø  Hak pemberian nama
Ø  Peluncuran produk
Ø  Penempatan produk
Ø  Acara khusus
Ø  Telekonferens
Ø  Trade show
Ø  Penayangan melalui internet


Setelah Anda menentukan tujuan event Anda dan gaya event terbaik untuk mencapainya, Anda akan dapat menyusun secara strategis sebuah event yang dapat disesuaikan dengan tujuan tersebut (Anda dapat menemukan prinsip strategis penyusunan yang telah saya buat dan studi kasus perencanaan strategis dalam The Bussiness of Event Planning [Wiley, 2002]). Keputusan selanjutnya adalah untuk menentukan skala dari event. Dua kriteria akan menentukan hal ini: dana dan tujuan.
1)      MENENTUKAN TUJUAN EVENT ANDA
            Dalam rangka menyusun sebuah event yang dapat memberikan hasil dan keuntungan akan investasi waktu, uang dan tenaga dari perusahaan yang mengadakannya, event harus dirancang untuk memenuhi harapan tamu dan juga perusahaan.
            Tujuan event dapat berupa tangible maupun intangible dan dapat terjadi selama pre-event (sebagai contoh, tujuan penjualan tertentu harus dicapai dalam kasus program insentif), selama event berlangsung, dan post-event, dan menjadi jembatan, dasar bagi positioning untuk mencapai tingkat tujuan berikutnya dalam event di masa depan. Sebuah tujuan event harus memiliki value yang sama dengan perusahaan yang mengadakan event, pihak-pihak yang ikut serta dalam event, dan memberi keuntungan baik secara profesional maupun personal.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki tujuan dalam mengadakan sebuah event atau serangkaian event  yang akan memberi hasil berupa karyawan mereka menjadi lebih produktif, meningkatkan moral, menurunkan kecelakaan di tempat kerja dan menekan biaya perawatan kesehatan karyawan.
Untuk melakukan ini mereka berfokus pada seorang karyawan dan tema lingkungan kerja yang baik dengan pekerja tingkat atas ikut serta dalam acara yang kemudian menjadi program tahunan berupa program insentif selama 3 hari menaiki gunung setinggi 14.000 kaki di Colorado dengan didanai oleh perusahaan. Acara utama ini salah satu dari banyak event yang didasarkan atas tujuan utama event tadi, berpusat pada mencapai tujuan kesehatan individual dan telah terbukti sebagai sebuah sukses yang luar biasa, dengan makin banyaknya karyawan yang dapat mengikuti acara tersebut tiap tahunnya. Biaya kesehatan yang harus dikeluarkan perusahaan berhasil diturunkan hingga setengah dari rata-rata negara bagian tersebut – yang merupakan penghematan sebesar $ 2.000.000 setahun bagi perusahaan – dan berarti dapat mencapai salah satu tujuan event yang ditentukan dengan investasi total hanya sebesar $ 400.000 per tahun. Sebagai tambahan, perusahaan tersebut sedikit demi sedikit telah berhasil menekan biaya kompensasi pekerja mereka dari $ 500.000 menjadi $ 10.000, dan mereka telah berhasil menghasilkan pekerja yang lebih sehat sehingga lebih produktif dalam bekerja dan memiliki moral yang lebih tinggi baik secara personal maupun profesional.
    II.            BERAPA BANYAK YANG DAPAT ANDA KELUARKAN?
            Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan berapa banyak dana yang dapat Anda sisihkan untuk acara. Bahkan acara terkecil membutuhkan komitmen finansial yang serius. Anda dapat memutuskan bahwa Anda tidak dapat membiayai sebuah evet pada saat ini atau mungkin harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.
Dan selalu menentukan sebelum waktunya berapa banyak yang dapat Anda belanjakan amatlah penting, karena Anda akan dapat memilih gaya event dan merencanakan event yang sesuai dengan budget Anda. Lakukan perkiraan kasar atas biaya pokok dan tambahannya sebelum melakukan hal lainnya, karena sering kali persetujuan dana dari tingkat atas akan dibutuhkan sebelum sebuah event mendapat lampu hijau.
Dengan membuat hitungan dana pendahuluan berdasarkan perkiraan kebutuhan event Anda, Anda akan mengetahui apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat dilakukan. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan merencanakan sebuah program insentif dan keinginan mereka adalah acara 7 hari di sebuah lokasi tertentu, mereka akan dapat dengan cepat menentukan bahwa biaya penerbangan akan memakan sebagian besar dana. Jika itu yang terjadi, mereka dapat mengubah keputusan menjadi acara 3 hari, sehingga tujuan mereka tetap tercapai sekaligus tidak melebihi dana yang tersedia. Jika kita menentukan bahwa 7 hari memang suatu keharusan, perubahan harus dilakukan. Mungkin mereka harus memilih lokasi yang lebih dekat, atau mereka harus mengubah cara untuk mendapat lebih banyak dana, seperti dengan mencari sponsorship dari supplier untuk elemen event tertentu.
2)      BAYANGAN EVENT
Dalam upaya menciptakan sebuah event yang dirancang untuk mencapai tujuan klien dan memenuhi segala yang dapat mereka harapkan, amatlah penting untuk memulai dengan bayangan awal mereka terhadap event. Di sinilah saat di mana Anda akan dapat menentukan apa yang paling penting bagi mereka. Visualisasi event setelah tujuan event ditentukan adalah titik awal untuk merancang event apa pun.
Memetakan bayangan event Anda dapat membantu Anda untuk memulai mengerjakan kebutuhan dana event. Anda dapat mulai mengkalkulasi balik dari dana yang diberikan untuk melihat apakah dana tersebut cukup atau fleksibilitas dalam pendanaan maupun event diperlukan.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dana $ 4.500 untuk mengadakan acara makan siang luar ruang bagi 250 orang tamu. Dana tersebut harus cukup untuk tenda, meja, kursi, linen, piring, makanan, minuman (anggur, bir, dan lain-lain), hiburan dan sebuah suvenir untuk dibawa pulang. Bayangan mereka adalah untuk mengadakan sebuah acara piknik bergaya New Orleans. Kenyataan mengatakan bahwa dana mereka hanyalah $ 18 per orang untuk semua hal di atas. Padahal pembiayaan tenda untuk 250 orang tamu saja – termasuk pemasangan dan pembongkaran dan ijin dan asuransi – ternyata sudah melebihi seluruh dana mereka tersebut.
Saya merumuskan 5 prinsip perencanaan event yang harus dipertimbangkan saat membayangkan sebuah event:
1.      Elemen (Semua hal yang membuat event terlaksana)
2.      Esensial (Hal yang harus ada)
3.      Lingkungan  (Lokasi dan gaya)
4.      Tenaga (Menciptakan suasana)
5.      Emosi (Perasaan)
Garis besar perencanaan event untuk pendanaan, berikut ini sekilas hal yang harus dipertimbangkan:
1.      Elemen – Semua hal yang membuat event terlaksana
Langkah pertama saat merencankan event apa pun adalah melihat gambaran besarnya. Visualisasi harus dilakukan sebelum Anda menentukan tanggal pelaksanaan event dan mulai mencari tempat. Amat penting untuk melangkah mundur dan melihat secara menyeluruh pada kebutuhan event yang membutuhkan biaya besar dan akan menjadi bagian dari permohonan tempat yang dibutuhkan. Cara terbaik melakukan ini adalah membuat garis besar dari semua yang berfokus pada minggu pelaksanaan event.
Hal yang harus Anda ingat saat merencanakan event adalah bahwa tiap elemen event akan mempengaruhi yang berikutnya. Jika satu bagian dilupakan, akan muncul efek domino dan membahayakan kesuksesan event Anda. Mempersiapkan sebuah garis besar event di awal waktu, mengadaptasikannya dan mengaturnya seiring Anda berjalan maju dengan rencana Anda, akan membantu Anda untuk menghindari saat-saat sulit dan kejutan tak terduga. Dengan mempersiapkan lebih dahulu Anda akan siap untuk menangani perubahan di detik-detik terakhir dengan mudah. Waktu, peralatan dan perlengkapan dari semua elemen event yang mengarah pada event aktual Anda, hari H event dan hari setelah event harus diperhitungkan. Elemen-elemen tersebut dapat meliputi:
Ø  Transportasi tamu
Ø  Akomodasi tamu
Ø  Pengiriman barang
Ø  Pengaturan tempat, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru, dan lain-lain, dengan tambahan biaya bagi event sebelumnya, staff, keamanan, ijin, asuransi, dan lain sebagainya.
Ø  Tempat gladi resik, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru, dan lain-lain.
Ø  Elemen hari H, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru, dan lain-lain.
Ø  Pembongkaran, meliputi biaya sewa, biaya pegawai, sewa peralatan, biaya konsumsi kru, dan lain-lain, dengan tambahan biaya bagi event sebelumnya, staff, keamanan, ijin, asuransi, dan lain sebagainya.
2.      Esensial – Hal yang harus ada
Hal yang harus ada (must-have) dalam event adalah hal-hal yang pada saat perencanaan awal sifatnya tidak dapat dinegosiasikan. Mereka ditentukan dengan mempertimbangkan:
Ø  Biaya besar, seperti biaya penerbangan, akomodasi hotel, kebutuhan tempat (kedatangan, pemasangan, pembongkaran dan keluar lokasi, ditambah juga penyimpanan untuk supply, tempat gladi resik, tempat kerja panitia di lokasi, dan lain sebagainya, yang dipisahkan dari fungsional tempat event/meeting utama sebenarnya), kebutuhan fungsional tempat event/meeting, kebutuhan konsumsi, kebutuhan aktivitas, dan lain sebagainya, dan semua pajak, biaya jasa, perijinan, asuransi, biaya komunikasi, staff, dan biaya manajemen (walaupun biaya hal-hal tersebut dapat dinegosiasikan, hal-hal itu harus tetap dimasukkan tanpa mempedulikan seperti apa perencanaan dan pelaksanaan event final).
Ø  Apakah hal yang akan memiliki arti penting bagi peserta yang mengikuti event tersebut.
Ø  Apa yang hal yang akan membuat tamu menjadi terkenang akan event tersebut.
Ø  Apakah yang akan membuat pesan di balik event tersampaikan kepada partisipan.
Beberapa must-have event tidak diperhitungkan berdasarkan nominal uang melainkan melalui mata uang emosional dan bagaimana mereka menyentuh panca indera Anda. Beberapa dapat dengan mudah dimasukkan dan dengan biaya kecil, sementara yang lain membutuhkan pemikiran, perencanaan dan dana yang lebih. Ingatlah untuk memikirkan setiap keputusan secara matang baik dari segi ekonomis mauput emosional, dalam pandangan apa yang sebuah event perlukan bukan semata yang sebuah event inginkan. Must-have tersebut akan menjadi inti dari perencanaan event Anda, dan elemen event Anda secara alami akan mengelilinginya. Lengkapi pula daftar anda tentang hal yang esensial bagi event, membuat sebuah daftar perlengkapan event yang sesuai dengan perijinan dana dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan event Anda ke tingkat yang selanjutnya.
 III.            Lingkungan – Lokasi dan Gaya
1)      Lokasi Event
Perencana yang terburu-buru untuk memilih lokasi sebelum mereka membayangkan event mereka dari awal sampai akhir, mengidentifikasi klien mereka dan must-have untuk menentukan apa yang paling penting untuk dimasukkan dalam event, dan menentukan di mana mereka berdiri secara finansial, beresiko melupakan lokasi lain yang mungkin merupakan lokasi sempurna untuk event mereka, tempat yang menyediakan semua kebutuhan mereka dan sesuai dengan dana mereka.
Bayangan awal event dan di mana Anda pada akhirnya mengadakan event dapat berbeda bagai langit dan bumi dengan apa yang awalnya Anda bayangkan. Jika Anda merancang event Anda berkutat pada sebuah lokasi hanya untuk secepatnya menentukan tanggal sewa, Anda mungkin akhirnya akan terpaksa berkompromi dengan hal yang paling penting bagi event dan melewatkan sesuatu yang sangat spesial. Anda akan berakhir merencanakan sebuah event untuk menyesuaikan gedung tersebut, bukan merencanakan event yang akan memberikan hasil yang klien Anda cari.
Kita hidup di zaman di mana event hanya dibatasi oleh imajinasi perencana event dan ukuran dana. Event sekarang diadakan di daratan, di lautan, di bawah laut (restoran dan spa di Maldive, sebagai contoh), di udara (pada pesawat), duduk di puncak dunia dan di luar angkasa.

Beberapa lokasi tradisional meliputi:


Ø  Villa pribadi (sewaan atau milik sendiri)
Ø  Hotel
Ø  Convention center
Ø  Museum
Ø  Galeri seni
Ø  Klub country
Ø  Kapal pribadi
Ø  Tenda pribadi


Namun sebenarnya terdapat segudang pilihan yang tersedia bagi Anda. Event dapat dan telah bertempat di taman bermain, akuarium, kompleks hiburan, arena roller skate, panggung teater, klub memancing, lapangan golf, tenda di tengah gurun, pada kolam renan yang ditutupi untuk makan malam dan menari, di restoran yang disewa khusus, di pertanian desa, di puncak gunung, di tengah hutan, di stadion, di lapangan baseball, di atap rumah, di restoran dan klub malam yang dibuka untuk klien khusus, yang terdapat kamar atau tempat privat yang dapat disewa untuk Anda dan tamu Anda. Tamu telah dijemput ke lokasi event dengan mobil klasik dan mobil salju, dengan gerobak berisi jerami, dengan bus tingkat dan becak, dan dengan kapal feri, kuda, jeep, sepeda motor dan mobil limosin.
Saat mencari sebuah tempat untuk menyelenggarakan event, baik itu tradisional atau unik. Anda harus mempertimbangkan 7 faktor kunci saat Anda membayangkan event Anda. Lebih banyak kebutuhan bagi lokasi, seperti:
1.      Lokasi (lokal, luar kota, luar negeri)
Daftar tamu Anda akan menjadi sebuah faktor dalam menentukan lokasi event Anda. Di mana sebagian besar dari tamu tinggal dan bagaimana biaya transportasi dan akomodasi akan dibutuhkan untuk dimasukkan dalam perincian biaya?
2.      Tanggal
Apakah libur nasional atau peristiwa khusus lain (contohnya pertandingan olahraga, pemilihan umum, dan lain-lain) dapat mempengaruhi kehadiran atau berakibat terhadap biaya-biaya lainnya?
3.      Musim
Bahkan musim dan cuaca memainkan sebuah peran dalam pemilihan lokasi. Lokasi yang sama pada musim yang berbeda akan menghasilkan serangkaian logistik event dan perhitungan dana yang berbeda. Setiap musim memiliki tantangannya masing-masing tergantung dengan jenis lokasi yang Anda pilih. Sebagai contoh, event dengan tenda yang diadakan pada musim panas,  di tengah hari, akan membutuhkan dana yang lumayan untuk pendingin ruangan, generator cadangan atau kipas angin di langit-langit, sementara sebuah sistem pemanas, lantai dan pencahayaan akan menjadi faktor biaya bagi tenda pernikahan di awal musim semi atau akhir musim gugur yang jelas lebih dingin baik siang maupun malam, rumput lebih lembab dan matahari terbenam lebih cepat. Hal yang sama juga berlaku bagi acara dalam gedung.
4.      Tanggal hari H
Tanggal hari H adalah sebuah faktor penting. Akankah Anda menjadi satu-satunya kelompok yang mengadakan event di lokasi tersebut ataukan beberapa event akan dijadwalkan untuk diadakan? Jika beberapa event akan diadakan, akankah Anda merasa seperti sedang berada di baris antrean? Apa yang akan terjadi jika event yang telah dijadwalkan ternyata telat? Apa yang akan terjadi jika tamu-tamu harus menunggu? Berapa lama yang dibutuhkan supplier untuk mengatur tempat, dan berapa lama yang dibutuhkan tamu untuk mengakses ruangan/tempat? Jika Anda adalah orang yang mengadakan event lebih awal dari event lainnya, bagaimanakan Anda meyakinkan para tamu untuk meninggalkan tempat tepat waktu sehingga event selanjutnya dapat berjalan lancar? Akankah Anda merasa terburu-buru dan tertekan, dan akankah Anda lebih baik mengadakan event di lokasi di mana Anda adalah satu-satunya event di tempat tersebut?
5.      Outdoor atau indoor
Anda dapat menempatkan event Anda pada resiko jika Anda merencanakan untuk melaksanakannya di luar ruangan tanpa menyiapkan persiapan untuk cuaca yang buruk. Untuk event musim semi, musim panas dan musim gugur, sebuah tenda atau ruangan privat pada tempat yang sama dapat disewa untuk mempersiapkan perubahan cuaca. Hal yang sama juga berlaku bagi event luar ruangan pada musim gugur. Perusahaan yang ingin mengadakan event ski harus menyewa tempat cadangan sehingga mereka dapat memindahkan event jika cuaca memburuk.
6.      Bertempat di satu tempat yang sama atau di beberapa tempat
Jika Anda mengadakan event di 2 tempat yang berbeda, Anda harus memperhitungkan waktu perjalanan antara 2 lokasi, jika tamu dapat dengan mudah bepergian antara 2 lokasi, dan bagaimana Anda ingin menyusun kedatangan mereka.
7.      Pertimbangan dana
Tidak semua lokasi diciptakan sama, semuanya memiliki kondisinya masing-masing. Sebagai contoh, hal yang tidak perlu dimasukkan dalam perhitungan biaya pada hotel meja, kursi, gelas khusus seperti gelas martini untuk sebuah bar martini, mungkin perlu diperhitungkan jika menyewa convention center, museum, dan lain-lain. Barang-barang tersebut mungkin perlu dipersiapkan untuk event Anda dan biaya sewa mungkin dibutuhkan.

2)      Gaya Event
Gaya event Anda adalah atmosfer atau keseluruhan efek yang berusaha Anda capai. Gaya dapat dikombinasikan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Gaya sifatnya personal. Tidak ada kata “harus” dalam gaya dan gaya tidak pernah berkutat tentang uang semata. Jika pilihan gaya atau tema Anda adalah romansa, Anda dapat memiliki sebuah event romantis dengan memakan biaya ratusan, ribuan, atau bahkan ratus ribuan dolar. Apa yang Anda bisa belanjakan mungkin membatasi pilihan Anda tetapi tidak pernah membatasi tema atau esensi gaya event Anda.
Gaya event Anda akan mempengaruhi pemilihan undangan, lokasi, gaya berpakaian tamu, bunga, dekorasi, musik, hiburan, makanan dan minuman. Hasil akhir Anda adalah gabungan beragam faktor yang bekerja sama menjadi satu untuk menciptakan gaya event Anda.
Berikut ini adalah contoh beragam gaya event:


·         Tradisional
·         Klasik
·         Modern
·         Country
·         Kultural
·         Elegan yang formal
·         Elegan yang santai
·         Romantis
·         Ceria
·         Intim
·         Luar ruangan
·         Bertema
·         Musiman
·         Liburan
·         Pantai
·         Olah raga



3)      Tenaga (menciptakan suasana)
Setiap event memerlukan tenaga. Lokasi, dekor, musik, makanan dan minuman, aktivitas dan tamu semuanya berpadu memberikan tenaga ke ruangan dan suasanya yang disiapkan. Energi yang Anda bawa ke event Anda yang merupakan sebuah hasil dari perencanaan event Anda dapat bersifat baik atau buruk.
Perencanaan kurang baik yang tidak memperhitungkan waktu, logistik dan elemen event dapat secara harfiah menghisap tenaga dari sebuah ruangan. Ini dapat Anda rasakan ketika event berlangsung datar, ruangan terasa sumpek, pembicaraan macet atau terdapat keheningan yang ganjil dan ruangan menjadi tidak memilik tenaga. Tenaga negatif dapat memenuhi sebuah ruangan saat ada bagian yang dilupakan, antrean yang lama, tamu yang lama atau lelah, dan tidak cukup tempat duduk. Memilih sebuah ruangan atau setting yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk jumlah tamu juga dapat menurunkan tingkat tenaga dalam sebuah ruangan..
4)      Emosi - Perasaan
Gaya event yang Anda pilih akan bergantung kepada emosi yang mengelilingi event Anda. Sebagai contoh, sebuah gaya romantis akan menimbulkan perasaan halus, lemah lembut, intim, semua terbungkus dalam cinta. Sebuah event yang bertema ceria, dikemas dengan permainan, akan memberikan kehangatan dan kasih sayang yang bergerak aktif. Pikirkanlah gaya event dan perasaan yang ingin Anda timbulkan. Pilih salah satu yang akan mengambarkan jiwa dari tujuan event Anda dan perasaan tersebut akan membuat event Anda berbeda dari yang lain.
 IV.            BAYANGAN EVENT – PERTANYAAN DAN JAWABAN
Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu Anda untuk menciptakan bayangan event Anda, menentukan bagian apa yang paling penting bagi klien Anda dan menuntun Anda menuju pertimbangan dana yang harus Anda perhatikan – hal-hal tak berurutan yang nampaknya dapat bertambah dengan cepat hingga mencapai ratusan dan bahkan ratus ribuan dolar dalam biaya tidak terduga, jika tidak diperhitungkan sejak tahap awal perencanaan event Anda.
Kuisioner ini akan membuka pintu diskusi dengan klien Anda, yang akan menuntun Anda menuju tahap pembuatan keputusan dan menentukan apa yang paling penting bagi mereka dan bagaimana itu semua akan masuk ke dalam pendanaan event mereka.
a)      Tanggal Event
Ø  Tahun berapa Anda akan mengadakan event?
Ø  Musim apakah yang Anda membayangkan event akan dilaksanakan?
Ø  Berapa banyak waktu perencanaan yang akan diberikan kepada Anda?
Ø  Hari apakah Anda ingin event tersebut diadakan?
Ø  Jam berapakah Anda akan memulai event?
Ø  Akankah tahun, bulan, tanggal atau jam mempengaruhi kedatangan?
b)     Tamu VIP
Ø  Apakah tamu VIP akan menjadi bagian dari event Anda? (Ini dapat berarti penambahan biaya untuk hotel, limosin, dan lain-lain pada perhitungan budget must-have)
c)      Tamu Event
Ø  Berapa banyak tamu yang Anda bayangkan akan menghadiri event?
Ø  Akankah peserta dipersilahkan untuk membawa kerabat?
Ø  Berapakah perkiraan umur tamu yang akan diundang?
Ø  Apakah Anda membayangkan anak kecil akan diundang ke event Anda?
Ø  Akan adakah tamu yang membutuhkan perlakukan khusus, seperti difabel?
Ø  Akan adakah tamu yang ingin Anda undang ke event berasal dari luar kota, luar provinsi, atau luar negeri?
Ø  Akankah Anda dibutuhkan untuk menyambut tamu luar kota dan menghibur mereka baik pre, post, ataupun selama event?
d)     Undangan
Ø  Apakah Anda terbuka terhadap gaya undangan atau Anda telah memilikibayangan khusus dalam pikiran Anda?
e)      Event
Ø  Di manakah Anda membayangkan event Anda akan berlangsung?
Ø  Apakah event berlangsung di luar atau dalam ruangan?
Ø  Apakah Anda membayangkan event tersebut sebagai sebuah event formal atau informal?
Ø  Bagaimana Anda membayangkan pakaian yang dikenakan peserta?
Ø  Di manakah lokasi event dalam hubunganna dengan tempat tinggal tamu?
f)       Dekorasi Event
Ø  Seiring berdatangannya tamu ke event, apakah yang Anda bayangkan akan mereka lihat dari saat mereka tiba hingga mereka duduk? Dan akankah sesuatu berubah saat event berjalan?
g)      Musik Event
Ø  Apakah yang Anda bayangkan akan didengar oleh tamu saat kedatangan mereka atau selama event berlangsung? (Ini akan membantu Anda menentukan kebutuhan tempat, contohnya apakah Anda perlu mengakomodasi tempat untuk sebuah band?)
h)     Pencahayaan Event
Ø  Apakah nuansa yang ditampilkan oleh pencahayaan?
Ø  Apakah suasana yang Anda ingin tampilkan dalam ruangan?
Ø  Bagaimana panggung akan diberi cahaya?
i)        Kedatangan pada Event
Ø  Bagaimana Anda membayangkan tamu berdatangan pada envet? Akankah mereka menyetir sendiri atau akan ada sopir untuk mengantar mereka? Akankah mereka datang dengan limosin atau alat transportasi lainnya?
j)       Fotografi Event
Ø  Akankah Anda menyewa fotografer atau kameramen profesional untuk event Anda?
Ø  Siapakah yang akan mengurus fotografi atau rekaman video event Anda?
Ø  Backdrop seperti apakah yang Anda ingin lihat pada foto event Anda?
k)     Alur Event
Ø  Apakah yang menjadi hal paling penting bagi Anda dalam event Anda?
Ø  Bagaimana Anda membayangkan event Anda berlangsung?
Ø  Berapa lamakah Anda membayangkan event akan berlangsung dari awal sampai selesai?
l)        Kebutuhan Ruangan Event
Ø  Bagaimana Anda membayangkan ruangan diatur?
Ø  Akankah pada event Anda kursi berada di pinggi ruangan?
Ø  Akankah para tamu pada event Anda duduk di kursi yang mengelilingi meja-meja?
Ø  Jika Anda memasukkan acara makan malam, akankah tamu bebas memilih tempat duduk atau akan ada penamaan pada kursi?
Ø  Akankah terdapat stand tempat makanan atau makanan disajikan oleh pelayan?
Ø  Akankah terdapat bar di ruangan atau minuman dibawakan oleh pelayan?
Ø  Akankah dibutuhkan sebuah panggung untuk pidato, pemusik, DJ atau penghibur?
Ø  Akankah ada tamu berdansa?
Ø  Akankah terdapat kebutuhan audiovisual lain, seperti screen projector, plasma screen, dan lain-lain, yang harus diperhitungkan dalam kebutuhan ruangan event?
m)   Audiovisual Event
Ø  Apakah akan ada pidato?
Ø  Apakah sebuah podium atau microphone dibutuhkan?
Ø  Apakah Anda memiliki kebutuhan audiovisual?
n)     Makanan dan Minuman Event
Ø  Apakah jenis minuman yang akan Anda sajikan?
Ø  Apakah jenis makanan yang akan Anda sajikan?
o)      Kepergian dari Event
Ø  Akankah terdapat suvenir khusus bagi para tamu?
p)     Pre-Event dan Post-Event
Apakah kebutuhan biaya dan tempat sebelum dan sesudah memasuki lokasi, pemasangan, gladi resik, hari H, pembongkaran, dan keluar dari lokasi yang perlu Anda perhitungkan?
Setelah Anda melengkapi bayangan event Anda dan menyelesaikan perhitungan dana awal berdasarkan must-have, sekarang waktunya Anda membuat keputusan kunci untuk merancang tambahan-tambahan yang akan membuat event Anda lebih memuaskan lagi.
Beberapa cara untuk mengadakan green meeting dan event meliputi:
Ø  Penggunaan USB menggantikan handout yang dicetak, sehingga mengurangi penggunaan kertas, dapat memuat informasi digital dari perusahaan dan sponsor.
Ø  Berpindah dari air minum botolan menjadi menyediakan botol minum stainless steel yang dapat digunakan ulang sehingga menghemat uang, menekan sampah plastik dan merupakan sebuah alternatif yang lebih sehat (sebagai respon dari permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan BPA, blok bangunan utama yang terbuat dari plastik polikarbonat, larut ke dalam air) dan dapat diberi logo sehingga dapat berguna bagi tujuan pemasaran brand perusahaan.
Ø  Green award bagi inovasi dan pencapaian perusahaan atau personal yang mampu melestarikan lingkungan.
Ø  Event pembangunan tim yang meliputi komponen go green atau CSR, seperti proyek sukarelawan dan pelayanan komunitas contohnya penanaman pohon, atau pembiayaan dan pembangunan rumah bagi Habitat for Humanity.
Berikut ini adalah sebuah sampel dari pendanaan awal yang membuat Anda dapat membuat perkiraan kasar dari pengeluaran utama event:
q)     Perkiraan Biaya Awal
Secara umum, Anda bisa mendapat perkiraan tertulis dari supplier untuk beragam barang yang Anda perlukan. Perkiraan tersebut dapat diperbaiki nanti setelah pendanaan awal disetujui dan kebutuhan event dijabarkan secara detil. Sebagai contoh, sebuah catering akan dapat memberikan perkiraan biaya untuk makan malam berisi 5 sajian dasar untuk tujuan perkiraan dana, tetapi biaya makan malam yang sebenarnya akan berdasarkan pada pemilihan menu final.
Contoh perkiraan biaya awal harus mencakup biaya utama, seperti:
·         Undangan
·         Akomodasi
·         Transportasi
·         Sewa tempat
·         Biaya gladi resik
·         Makanan
·         Panggung
·         Audiovisual
·         Pencahayaan
·         Special effect
·         Fotografi
·         Kartu tempat duduk
·         Menu
·         Hadiah
·         Materi cetak
·         Materi promosi
·         Asuransi
·         Minuman
·         Penataan bunga
·         Dekorasi
·         Musik
·         Hiburan
·         Speaker
·         Keamanan
·         Biaya tukang
·         Kelistrikan
·         Biaya komunikasi
·         Penerjemahan
·         Pengiriman
·         Bea cukai
·         Staff
·         Lain-lain
·         Pajak dan biaya jasa
·         Tarif manajemen perencanaan event
Buatlah sebuah daftar detil yang meliputi semua yang mungkin, terlepas dari biaya, pada sebuah file di Excel atau software akuntansi lainnya. Merancang perkiraan biaya di komputer akan membuat Anda mampu melihat dengan cepat di mana posisi Anda dan membuat penyesuaian pada biaya saat terdapat perubahan harga. Anda akan dapat segera melihat bagaimana perkiraan biaya terpengaruh saat Anda menambang dan mengeluarkan beragam elemen event. Hal-hal yang tersisa sifatnya tidak wajib dan dapat dimasukkan setelah Anda menyelesaikan perkiraan biaya awal Anda.
Sebagai contoh, jika makanan dan minuman adalah must-have, menu dan kartu tempat duduk dapat menjadi tambahan event yang baik, perijinan biaya, atau jika menu dan kartu tempat duduk dianggap penting oleh perusahaan Anda maka Anda harus mengetahui bahwa biaya tersebut harus dimasukkan ke dalam perkiraan biaya pada pengeluaran makanan dan minuman.

Sebagai contoh, pialang saham menghadiri perkumpulan malam yang menyenangkan, makanan dan petualangan di sebuah hiburan baru yang kompleks. Pelatih bermotor telah menunggu di hotel mereka untuk membawa mereka ke situs dan untuk membawa mereka kembali. Sebagai tamu makanan mereka disajikan dengan paket disegel dan dilarang membukanya sampai mereka tiba di swasta koktail resepsi. Di dalam kit yang dapat disamakan handuk golf yang melayani tujuan ganda tim penetapan dan dibawakan pulang hadiah.
Tujuan terlebih dulu dari handuk golf adalah untuk membagi tamu menjadi enam tim identitas berdasarkan warna handuk. Setiap tim dipimpin oleh seorang anggota senior dari perusahaan tuan rumah, memungkinkan perusahaan perwakilan anggota untuk menghabiskan waktu untuk mengenal anggota tim. Handuk golf dengan mudah dijepitkan ke ikat pinggang atau dompet dan membuat setiap anggota tim dengan mudah dapat dikenal.
Pada resepsi koktail, para tamu diberi instruksi dan kemudian mereka berangkat pada petualangan dua jam, mengambil bagian dalam sesuatu unik-virtual-realitas Olimpiade. Setelah itu,mereka bertemu untuk makan malam dan berkesempatan untuk berbagi pengalaman. Skor dengan cepat dihitung dan hadiah diberikan. Tamu bebas untuk tinggal dan menikmati fasilitas di waktu luang mereka, dengan area pribadi tersisa jika mereka ingin bersantai dan menikmati minuman, kopi dan makanan penutup. Angkutan meninggalkan setiap setengah jam untuk membawa mereka kembali ke hotel jika mereka memilih untuk pergi. Para tamu memiliki waktu yang besar yang pada akhir malam yang paling tidak ditinggalkan. Telah memiliki pengalaman yang menghibur dan perusahaan yang tujuan telah terpenuhi, mereka telah menghabiskan waktu yang berkualitas dan berinteraksi mengenal tamu-tamu mereka.
Ditujuan kedua dari handuk golf adalah membawakan pulang hadiah. Terlalu sering, hadiah tersebut kurang diperhitungkan dengan matang, pernak-pernik tak berguna, tetapi karena banyak pialang saham bermain golf, handuk itu sesuatu yang mereka benar-benar bisa digunakan, dan akan berfungsi sebagai pengingat visual acara.
Apakah acara tersebut direncanakan hanya sebagai sebuah resepsi cocktail dan makan malam di fasilitasi, orang mungkin masih memiliki waktu yang baik, tetapi awal perencanaan sebuah perusahaan atau individu telah memutuskan untuk mengadakan sebuah event. Setelah menyiapkan acara visi dan estimasi biaya awal, mereka telah menyimpulkan bahwa mereka memiliki dana siensui dan telah dialokasikan sejumlah yang ditetapkan untuk acara memiliki tujuan acara tersebut dan memutuskan bahwa akan membenarkan pengeluaran saya sekarang siap untuk memulai awal perencanaan untuk acara tersebut.
Selama tahap ini, jika mereka tidak memiliki sebuah perencana acara mereka akan memutuskan apakah mereka perludi luar profesional membantu dan membawa sebuah perusahaan perencanaan acara, menyewa sebuah acara independen perencana untuk bekerja dengan tim internal mereka atau memiliki kerja tim internal mereka dengan pemasok acara langsung untuk menangani desain acara mereka mengelola mereka anggaran, logistik, pelaksanaan waktu dana cara, dan mengorganisir serta sebagai membantu mereka untuk memvisualisasikan semuanya dari atas ke bawah. Ketika merencanakan peristiwa besar orang terlalu banyak berpikir dalam kerangka dolar dan sen, tidak masuk akal. Klien baik itu perusahaan, sosial atau pernikahan perlu tahu kapan dan di mana untuk membawa acara tujuan perusahaan tidak akan dipenuhi. Tanpa struktur satu tim yang bersaing, tidak akan tetap sama berkualitas interaksi. Jika para tamu telah meninggalkan untuk mengeksplorasi fasilitas pada mereka Pemilik mereka akan telah terlalu menyebar, dan dengan sedikit untuk menjaga mereka bunga yang mereka mungkin hanya singgah untuk koktail dan cepat permainan sebelum judul ke acara lain.
Langkah PertamaPertanyaan
Ø  Haruskah saya memegang suatu acara?
Ø  Apakah saya memiliki dana suisien untuk menggelar acara?
Ø  Berapa banyak uang yang dapat saya sisihkan untuk acara ini?
Ø  Apa tujuan dari acara tersebut?
Ø  Apakah itu membenarkan pengeluaran saya nansial? 
Merencanakan bantuan profesional, termasuk ahli dalam hubungan masyarakat, seorang direktur kreatif atau produsen untuk menangani produksi acara dari konsep sampai selesai. Adalah penting bahwa perencana acara tidak hadir diri mereka kepada klien mereka sebagai layanan industri yang tidak peran mereka bermain-karena dianggap sebagai hanya pengambil ketertiban. Sebaliknya, mereka perlu untuk mewakili diri mereka sendiri, perusahaan mereka dan industri perencanaan acara sebagai penjualan bisnis yang berharga dan alat pemasaran yang dapat membantu perusahaan klien, organisasi dan desain individu, memproduksi dan memberikan suatu peristiwa yang telah  menciptakan adat, bukan cetakan kue dan strategis dirancang untuk memenuhi dan melampaui mereka identii perusahaan, tujuan profesional dan pribadi.
Acara perencana dan acara yang berhubungan dengan konsultan tidak bolehdi pandang sebagai biaya tambahan dan kemewahan.  Benar-benar dapat menghemat uang pada akhirnya, terutama jika mereka dibawa pada waktu yang tepat. Untuk  Misalnya, publik yang baik hubungan perusahaan dapat membantu dengan tamu Anda daftar dan memastikan bahwa orang yang tepat diundang untuk acara Anda, mereka bisa juga membantu membuat siaran pers dan tekan kit untuk Anda nasional dan media internasional eksposur. Seorang direktur kreatif atau peristiwa profesional desainer bekerja untuk menyediakan Anda dengan gambaran konsepsional strategis dari desain acara, termasuk perencanaan, organisasi, logistik dan negosiasi elemen dan rincian kecil yang membuat keajaiban.Hari ini, secara harfiah langit dan luar adalah batas ketika datang keperencanaan acara, dan profesional dapat memperluas cakrawala klien mereka.
Ruang kini telah berhasil digunakan untuk memulai sebuah klub golf baru, dengan astronot bermain golf di angkasa, untuk merayakan ulang tahun sebuah majalah perayaan penutup (sebuah kebesaran mock-up diletakkan di padang pasir dan dirancang untuk dilihat oleh satelit dari luar angkasa) makan malam (atau sarapan, makan siang atau koktail) telah benar-benar diangkat ke ketinggian baru dengan yang dilayani dari platform makan menyewa tergantung 50 meter di atas tanah mengangkat oleh derek yang dapat menampung 22 tamu, koki, server dan musisi dan akan diadakan di mana saja di dunia (izin memungkinkan) atau digunakan untuk memiliki orkestra atau overhead band yang bermain dari suatu peristiwa.
Ketika menentukan jenis aktivitas, melihat audiens yang ditargetkan. Sibuk profesional tidak dapat mengambil waktu dari jadwal mereka untuk menghadiri simposium yang akan dipotong menjadi waktu keluarga yang ditunjuk, tetapi dapat hadirjika acara ini dirancang untuk memasukkan anggota keluarga mereka, seperti swasta menunjukkan dalam teater atau pemesanan eksklusif sebuah pusat hiburan. Simposium dapat diselenggarakan di pagi hari sementara keluarga mereka berada dibermain, kemudian bisa bertemu untuk makan siang dilayani, dengan saldo hari bagi mereka untuk menikmati fasilitas tersebut dengan anggota keluarga mereka atau dalam kasus menunjukkan pribadi dalam teater atau tempat duduk utama untuk permintaan yang dihidup menunjukkan, simposium lagi bisa diadakan lebih awal dan pribadi pra dan pasca-makan fungsi bisa jangkar unsur hiburan dari acara. Sebuah perusahaan yang mampu mengamankan menunjukkan pribadi di teater atau kursi di, panas instan menjual habis Hannah Montana langsung kinerja acara akan tidak memiliki masalah kehadiran mencapai maksimum pada mereka simposium dibangun di sekitar peristiwa keluarga, sama seperti mereka akan dengan terbatas kinerjanya. Sebuah acara publik ingin membuat sebuah acara yang akan menghasilkan pra.
Menunjukkan paparan media yang akan berguna untuk membawa klien ke depan pintu mereka mungkin terlihat untuk bermitra dengan perusahaan atau perusahaan yang akan membantu mereka untuk mencapai tujuan tersebut.
    V.            Visualisasi
Visualisasi adalah faktor penting untuk memastikan suksesnya suatu acara,sesungguhnya ini merupakan lanjutan dari visi konsep suatu acara yang sudah diciptakan. Visualisasi merupakan proses berjalan sampai selesainya acara Anda dalam suatu kemajuan, dengan visualisasi memperbolehkan Anda untuk memperkirakan lokasi mana yang bisa berpotensi menimbulkan masalah. Visualisasi juga memperbolehkan Anda menentukan lokasi mana yang akan Anda rencanakan, sehingga pada hari H nanti Anda sudah siap dalam segala hal.
Contoh :
Jika tamu Anda tiba-tiba datang secara bersamaan dan hanya sekali saja kedua eskalator berjalan ke atas dan kebawah menuju pintu utama ruang tari, bayangkan itu dipikiranmu. Anda mungkin menginginkan bagaimana agar kedua eskalator tsb bisa diatur untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat daya masuk pengguna eskalator. (Pada visualisasi ini penyelesaian yang tepat tergantung dari apa acara Anda). Hal lain yang mungkin bisa Anda lakukan adalah menyediakan dua meja pendaftaran yang diletakkan dimasing – masing kaki  eskalator untuk membantu mengurangi lamanya waktu tunggu. Sebagai tambahan, Anda juga boleh menyediakan ruangan terpisah sebagai pengecek lokasi.
Dengan visualisi yang telah diurai didepan akan memudahkan Anda untuk menentukan pegawai yang Anda percaya untuk menerima tamu, duduk dikursi registrasi dan memeriksa para tamu satu persatu. Dengan visualisasi Anda dapat mempertimbangkan semua pilihan Anda dan melihat bagaimana mereka mempengaruhi anggaran Anda sebelum Anda mengakhiri rencana Anda. Coba bayangkan acara Anda dari mulai awal hingga berakhir. Anda perlu memvisualisasikan berjalannya acara Anda dalam pikiran Anda.
Ingat !
Acara Anda adalah refleksi dari image perusahaan Anda. Ingat bahwa apa yang Anda lakukan hari ini menentukan kesan pada hari esok Anda, Anda bisa mengerjakan keduanya dan terus berpacu membangun momentum untuk event Anda selanjutnya. Kunci penting untuk menciptakan keberhasilan ambisi Anda adalah, irama, alur, susunan acara dari muali awal hingga akhir.
Ini hanya point permulaan Anda- kita akan mengupasnya secara lebih detail pada bab lain. Bayangkan tentang acara Anda. Daftar tiap-tiap unsur yang Anda perlukan. Apa yang menjadi prioritas – yang benar-benar Anda butuhkan – untuk membuat suksesnya acara Anda? Sudahkah Anda memberikan faktor “wow” dalam acara Anda ? atmosfer seperti apa yang akan Anda ciptakan ? Apa yang bisa diingat dari acara Anda? Persepsi apa yang akan muncul dari perusahaan Anda setelah itu ? sekarang coba bayangkan acara Anda mulai dari awal sampai berakhir untuk mencari secara logis apa saja yang akan Anda butuhkan yang selanjutnya ditambahkan ke anggaran Anda?
Tip :
Faktor penting dalam insentive program adalah bahwa target penjualan tidak terlalu banyak;  mereka harus bisa diperoleh secara keseluruhan, dan banyaknya peserta yang menghadiri acara tsb harus tidak terbatas".
 VI.            Memonitor Anggaran
a.      Lembar harga
Setiap Anda mulai merencanakan acara Anda, persiapkan anggran Anda melalui lembar harga lebih awal lau masukkan ke program Excel, agar memperjelas apa-apa saja yang dibutuhkan untuk dimasukkan ke dalam program, hal ini memudahkan kita untuk menyimpan data anggaran Anda. Ini akan membantu Anda untuk menentukan bagaimana Anda nantikan membelanjakan uang Anda secara benar, memungkinkan Anda untuk memperhatikan berbagai macam pilihan pengubah dan Anda bisa melihat baiamana Excel bekerja dengan parameter yang sudah Anda buat.
Tip :
" Gunakan suatu program spreadsheet seperti Excel untuk pencatat anggaran Anda dan membaharui sebagaimana diperlukan. Ini memungkinkan Anda untuk memelihara secara relatif real-time data dan berbagi dengan orang-orang yang tepat “
b.      Jadwal pembayaran
Sebelum Anda tanda tanga kontrak, Anda perlu mempersiapkan jadwal pembayaran untuk menyesuaikan tanggal jatuh tempo. Hotel dan tempat-tempat lain yang akan bekerjasama dengan Anda, apabila pembayaran butuh untuk diubah maka itu harus disesuaikan dengan klien Anda baik itu menggunakan cek atau uang tunai.
Lembar harga Anda merupakan dasar untuk menentukan jadwal pembayaran Anda. Jadwal pembayaran membutuhkan perubahan jika materi yang kamu rencana pemasukan atau jumlah tamu mengalami perubahan. Kesepakatan dan separuh pembayaran dilakukan di depan, sisa pembayaran dilakukan setelahnya.
Daftar prinsip desaign event
5 prinsip yang selalu dipertimbangkan dalam prinsip design event;
Ø  Element : keseluruhan bagian untuk mendekorasi acara
Ø  Esensial : hal penting – harus punya
Ø  Environment : lingkungan
Ø  Energy: kekuatan-suatu suasana hati
Ø  Emotion: perasaan
Tip :
" Suatu event-corporate- sosial digunakan sebagai investasi bisnis. Yang mengarah pada penjualan, membangun kesadaran, menciptakan kesetiaan merek, memotivasi pembelian, menaikkan produktivitas dan profitabilitas peningkatan. Ketika berpikir tentang disain acara dan bagaimana cara menciptakan suatu pengalaman acara yang akan mengarah pada hasil yang hebat, gunakan rumus D.R.I.V.E
 D [Define] Gambarkan perusahaan dan sasaran dari acara
 R [Riset] dan kembangkan visi acara Anda
 I  [Inovasi] dan menciptakan suatu pengalaman acara dengan menggunakan sasaran acara dan prinsip disain
 V [Visualization] Khayalkan acara Anda secara bertahap untuk menangkap semua keperluan, biaya dan kebutuhan penting dalam acara
 E [Execute] Laksanakan dengan pemilihan waktu dan ketepatan yang terperinci.



Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!

1 komentar:

Arthur Teknik mengatakan...

Terimakasih untuk share artikelnya ya...
Oh ya, sekedar info aja nih. Bagi yang kesulitan menentukan tempat event, ada tips bagus nih untuk kamu.
Coba cek infonya di sini : Cara Menentukan Tempat yang Tepat untuk Event

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, kritikan atau saran anda mengenai artikel di atas untuk mendapatkan backlink gratis dari Your Blog ini. Komentar yang tidak sesuai topik, SPAM, Penghinaan, dsb terpaksa akan saya hapus ! Tanks be 4,,.

 
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. Pusat-cara.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by IDJUNAYDOTCOM | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com