Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan
Anda disini » Home » Spiral of silence theory (teori spiral keheningan)

Spiral of silence theory (teori spiral keheningan)

By Ismerisa_Elzahiera | Selasa, 11 Januari 2011

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :


Teori spiral of silent atau teori keheningan dikemukakan oleh Noelle Newmann. Teori ini mengatakan bahwa setiap orang memiliki pendapat masing-masing tentang suatu isu. Tapi ternyata, setiap orang memiliki rasa takut mengemukakan pendapat mereka. Karena itu mereka mencari dukungan dari lingkungan dan media massa, agar mereka bisa lebih bebas mengekspresikan pendapat mereka, tanpa takut akan terisolasi.
Dalam teori ini, Noelle Newmann membagi pandangan menjadi dua bagian, yaitu pandangan mayoritas dan minoritas. Pandangan mayoritas percaya bahwa kelompok yang berada dalam pandangan tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam mengemukakan pendapat mereka. Sedangkan pandangan minoritas kebalikannya, mereka biasanya lebih berhati-hati dan diam dalam mengemukakan pendapatnya. Dan media massa lah yang menyuarakan suara mayoritas untuk membungkam suara minoritas.
Teori spiral of silent tidak akan terpisahkan dari opini publik. Noelle Newmann mengatakan bahwa opini publik adalah sikap atau perilaku yang diekspresikan seseorang di depan publik untuk menghindari isolasi. Misalnya, menurutku Mandra itu orangnya cakeeep banget, tapi berhubung satu indonesia bilang dia jelek, jadi semua orang bilang dia jelek.
Noelle Newmann menjelaskan tiga asumsi tentang teori ini, yaitu:
  • Suara mayoritas memegang kekuasaan terhadap suara minoritas. Seperti contoh tadi, karena takut terisolasi maka orang-orang yang ada dalam suara minoritas akan lebih memilih untuk diam.
  • Orang selalu menilai iklim dari opini publik. Artinya, setiap orang selalu melihat keadaan berdasarkan apa yang orang lain lakukan dan apa yang orang lain pikirkan. Misalnya ketika semua orang berpendapat bahwa menjadi ibu rumah tangga itu kewajiban, maka sadar ataupun tidak kita akan mengikutinya.
  • Perilaku publik dipengaruhi evaluasi opini publik. Saat pendapat kita mendapatkan dukungan, maka kita cenderung akan lebih berani mengekspresikannya. Begitu juga sebaliknya, saat pendapat kita tidak mendapat dukungan, maka kita akan cenderung diam.


Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, kritikan atau saran anda mengenai artikel di atas untuk mendapatkan backlink gratis dari Your Blog ini. Komentar yang tidak sesuai topik, SPAM, Penghinaan, dsb terpaksa akan saya hapus ! Tanks be 4,,.

 
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. Pusat-cara.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by IDJUNAYDOTCOM | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com